Jum'at, 18 Oktober 2019
Follow:
 
Diduga Membakar Pakai Puntung Rokok, Warga Inhu ini Diamankan TNI

Elfi | Hukrim
Selasa, 17/09/2019 | 15:58:20 WIB
Rengat, LIPO - Satu orang diduga pelaku pembakar lahan di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu diamankan oleh Komandan Tim 1 Sub Satgas Gabungan 11 Kodim 0302 Inhu, pelaku saat ini diserahkan ke pihak Kepolisian Polres Inhu, pada 17 September 2019.
 
Pelaku yang  diamankan tersebut berinisial IS (30) Warga Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat sekitar pukul 10.55 WIB, dilokasi.

Danramil 01/Rengat Kapten Inf Legimin memerintahkan agar pelaku di bawa ke kantor Koramil 01/Rengat untuk diambil keterangan lebih lanjut.

Komandan Rayon Milter (Danramil) 01/Rengat, Kapten Inf Legimin melaporkan kepada Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP  selaku DanSub Satgas Gab II Pencegahan Karhutla wilayah Inhu/Kuansing 

"Sesuai petunjuk Dandim agar pelaku diserahkan ke pihak Polres Inhu dan sekira pukul 12.10 WIB pelaku sudah kita serahkan ke Polres Inhu," ungkap Danramil 01/Rengat, Kapten Inf Legimin Didampingi Batituut Koramil 01/Rengat Serma TNI HB Rambe,Saat dikonfirmasi, membenarkan Tim 1 Sub Satgas Gabungan II Kodim 0302 Inhu mengamankan terduga pelaku pembakaran lahan.

Kapten Inf Legimin Menjelaskan, kronologis diamankan pelaku bermula ketika Tim 1 Sub Satgas Gab II Kodim 0302/Imhu beserta Sat BKO Yonif 131, Aparat KPBD Inhu, Manggala Agni Daops Rengat dan masyarakat sedang melaksanakan pendinginan titik asap di Kelurahan Sekip hilir.

Kemudian, sekira pukul 10.35 WIB, Serma M. Pohan selaku Dantim 1 mendapatkan laporan dari Babinsa Serka Sumarno bahwa di RT 15 Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat ada kebakaran baru.

Selanjutnya, Dantim 1 beserta 2 orang anggota KPBD Inhu meluncur ke lokasi dan melihat api sudah membesar. Disaat bersamaan dilihat ada pelaku sedang berusaha memadamkan api.

"Dari pengakuan pelaku kepada aparat TNI, saat itu pelaku sedang istirahat merokok, kemungkinan api dari putung rokoknya yang menyebabkan kebakaran," terang Danramil.

Berdasarkan pendapat atau Analisa Aparat yang bertugas di Satgas Gabungan, Diduga Pelaku berbohong, karena saat pelaku melihat Tim Satgas beserta anggota KPBD Inhu datang, pelaku sibuk memadamkan api, sementara api sudah meluas lebih kurang 2000 m2. 

"Lahan yang terbakar merupakan lahan pelaku yang sedang dalam tahap pembersihan dan direncananya akan di tanami palawija oleh pelaku dan saat pelaku sudah kita serahkan ke Polres Inhu ," jelas Danramil. (lipo*15)



Berita Lainnya :
 
  • Dinilai Sumber Masalah Petani, Kanal Dibendung PT BKM Akhirnya Dibongkar
  • Ada Emak-emak, Marlius Pede Daftar ke PKS
  • Jurnalistik Goes to School, PWI Inhu Latih Ratusan Siswa
  • Ini Kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Periode 2014-2019
  • Kepala Balai Bahasa Riau: Surat Dinas Mengatur Bentuk dan Bahasa
  • PKS Inhu Sebut Calon dari PKB Sangat Istimewa
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index