Jum'at, 24 Januari 2020
Follow:
 
Pemkab Inhil Bersama DPRD Setujui dan Tandatangani KUPA dan PPAS-P APBD 2019

Elfi | Inderagiri Hilir
Senin, 05/08/2019 | 19:40:38 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui KUPA dan PPAS-P APBD tahun anggaran 2019, di Gedung DPRD, Jalan Soebrantas Tembilahan, Senin 5 Agustus 2019.

Pengesahan dilakukan melalui penandatanganan Persetujuan KUPA dan PPAS-P APBD tahun anggaran 2019 oleh Bupati Inhil, HM Wardan dan segenap Pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DR Ferryandi ini, juga disampaikan Laporan Hasil Pembahasan Banggar Terhadap KUPA dan PPAS-P APBD tahun anggaran 2019 oleh DPRD Kabupaten Inhil.

Bupati menuturkan, setelah melalui rangkaian tahapan proses pembahasan yang penuh semangat di DPRD, bekerjasama dalam membangun daerah bersama Pemerintah Kabupaten Inhil, akhirnya Rancangan KUPA dan PPAS-P dapat dijalankan dan dapat diambil keputusan bersama.

Bupati menjelaskan, berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana beberapa kali diubah terakhir Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang perubahan kedua atas perubahan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah, perubahan APBD dapat disebabkan oleh beberapa hal.

"Yang pertama, perkembngan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA yang telah ditetapkan sebelumnya. Kedua, keadaan yang menyebabkan harus dilakukannya pergeseran anggaran antar SKPD, antar kegiatan dan antar jenis belanja. Ketiga, keadaan darurat. Terakhir, keadaan luar biasa," jelas Bupati dalam sambutannya.

Oleh karena itu, diungkapkan Bupati, Pemerintah Kabupaten Inhil selanjutnya menuangkan perubahan - perubahan tersebut dalam rancangan KUPA dan rancangan PPAS - P APBD Tahun Anggaran 2019 agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan secara efektif, efisien dan akuntabel.

"Dari serangkaian pembahasan yang telah dilaksanakan, tentunya masih dijumpai berbagai kekurangan. Hal ini menjadi catatan dan perhatian Pemerintah Daerah guna perbaikan di masa yang akan datang, serta akan ditindaklanjuti melalui koordinasi dengan semua pihak," kata Bupati.

Sebelumnya, disampaikan oleh Juru Bicara Banggar DPRD Inhil, Taufik Hidayat, secara umum dari hasil pembahasan bersama Badan Anggaran dan TAPD Kabupaten Inhil, struktur perubahan pendapatan dan belanja pada KUPA dan PPAS Perubahan tahun anggaran 2019 Kabupaten Inhil terjadi perubahan dari proyeksi semula pada buku rancangan awal KUA-PPAS tahun anggaran 2019 Kabupaten Inhil.

Di sisi pendapatan daerah, diketahui keseluruhan struktur mengalami kenaikan dari proyeksi semula. Seperti dari aspek Pendapatan Asli Daerah yang mengalami kenaikan sebesar 1,18 persen, Dana Perimbangan naik sebesar 4,66 persen dan lain-lain pendapatan daerah yang sah turut naik sebesar 2,93 persen.

Sementara, dilihat dari sisi belanja daerah, 2 komponen, yakni Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung mengalami kenaikan dan penurunan. Untuk belanja tidak langsung terdapat penurunan sebesar 1,14 persen, sedangkan belanja langsung mengalami kenaikan sebesar 5,05 persen.

Dari total keseluruhan, komponen belanja daerah yang semula ditetapkan sebesar Rp 2.251.940.855.743,94 sen berubah menjadi 2.293.642.989.652,57 sen atau naik sebesar 1,85 persen.(adv/Diskominfops/lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • Merasa Dirugikan, PT.Indasia akan Somasi EO "Inhu Creative Expo 2020"
  • Atasi Tumpang Tindih Lahan, Abdul Wahid Minta BIG Percepat Pemetaan Tata Ruang Nasional
  • Imigrasi Akhirnya Akui Harun Masiku di Tanah Air
  • Camat Sentajo Raya Hadiri Peresmian Serta Lauching BumDes Sumber Berkah
  • KPU Kuansing Sudah Terima Berkas Calon PPK Sebanyak 252 Orang
  • Oknum Anggota Satpol PP Inhu ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kepemilikan Sabu
  • Ketua DPRD Pekanbaru Pertanyakan Kompetensi PT. SPP Kelola KIT
  • Buka Sosialisasi PTSL di Sabak Auh, Ini Arahan Bupati Alfedri
  • Bupati Alfedri Lantik 5 Penghulu Kampung di Siak
  •  
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index