Selasa, 31 Maret 2020
Follow:
 
STIE Tuah Negeri & HMI Dumai Bantu Padamkan Karhutla

Elfi | Daerah
Kamis, 27/02/2020 | 20:05:07 WIB
DUMAI, LIPO - Sebanyak 6 orang yang terdiri dari Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tuah Negeri Kota Dumai dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Dumai membantu memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (25/02/2020) lalu.

Berangkat bersama Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudishtira, S.I.K dan Personil Polres Dumai lainnya, Mahasiswa STIE Tuah Negeri Kota Dumai dan HMI Kota Dumai membantu proses pendinginan lahan Karhutla di Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai.

Muhammad Rasyid Ridho salah seorang Mahasiswa STIE Tuah Negeri yang terlibat dalam pendinganan lahan mengaku, pemadaman karhutla pada tanah gambut tidaklah mudah. Pihaknya menemukan kondisi cuaca yang sangat panas, baik berasal dari matahari maupun yang berasal dari lahan bekas kebakaran.

"Kami berangkat dari Polres Dumai pukul 13.00 WIB menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) menggunakan mobil. Kemudian harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh +/- 2Km. Disana kami melakukan pendinginan lahan bersama Personil Gabungan yakni Polres Dumai, Polsek Medang Kampai, TNI dan BPBD Kota Dumai," terang Presiden Mahasiswa STIE Tuah Negeri yang kerap disapa Rasyid.

Memandamkan Karhutla di Kota Dumai, diakui Rasyid sangatlah sulit. Berbagai kendala kerap dijumpai seperti jarak tempuh, cuaca, alat dan ketersediaan air.

“Kendati demikian, kami merasa sangat senang dapat membantu Polri, TNI dan BPBD sehingga kami dapat merasakan betapa susahnya memadamkan api di lahan gambut. Di lapangan, semuanya bersatu dan saling membantu,” katanya.

Setelah mendapatkan pengalaman, Rasyid berharap agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

“Saya harap masyarakat khususnya para pemilik lahan dan pekerjanya tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena Karhutla merupakan tanggungjawab bersama. Mari kita wujudkan program Kota Dumai Bebas Asap Tahun 2020,” pintanya. (lipo*5).



Berita Lainnya :
 
  • Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Riau Care Indonesia Akan Berbagi Makanan dan APD
  • Penyemprotan Disinfektan di Pekanbaru Dibagi Empat Zona
  • Polda Riau & Stake Holder Serentak Laksanakan Gerakan Memutus Rantai COVID-19
  • Dampak Corona Kian Mengkwatirkan, Abdul Wahid Kembali Kerahkan Kader PKB Perangi Wabah
  • Tangani Virus Corona, Wako Pekanbaru: Karantina TKI di Rusunawa Rejosari
  • Penundaan Pilkada 2020 Disepakati Lewat Perppu
  • Rumah Pasien Positif COVID-19 di Duri Disemprotkan Disinfektan
  • BBKSDA Riau Evakuasi Harimau Sumatera Terjerat di Teluk Meranti
  • Kepulangan WNI dari Malaysia Belum Juga Berhenti, 186 Orang Tiba Lagi di Bengkalis
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index