Kamis, 21 November 2019
Follow:
 
Ikuti Tes Tertulis, Calon Kades Diingatkan Tidak Melakukan Politik Uang

Elfi | Siak
Selasa, 10/09/2019 | 20:36:50 WIB
SIAK, LIPO - Sebanyak 54 bakal calon Penghulu mengikuti seleksi tes tulis dan wawancara di aula Raja Indra Pahlawan  kantor Bupati Siak, Selasa (10/9/2019). 

Para kandidat ini harus mengikuti serangkaian ujian tes tulis dan wawancara, karena hanya 5 bakal calon saja yang boleh mengikuti pemilihan di setiap Kampung.

Setiap peserta ujian diwajibkan menjawab setiap pertanyaan yang disajikan sebagai pertimbangan penjaringan bakal calon penghulu (kepala desa). Untuk meningkatkan kapasitas pemimpin yang cerdas dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Siak. 

Bupati Siak yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Budi Yuwono menyampaikan, hasil dari seleksi ini menggambarkan keberhasilan dari peserta dalam memimpin wilayahnya. 

Ia mengharapkan peserta  yang sudah terpilih menjadi Penghulu bisa memajukan dan mengembangkan wilayahnya. Selain itu bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat. 

"Penghulu diharapakan menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melayani masyarakat" kata Budi Yuwono di aula kantor Bupati. 

Maka dari itu, Budi juga meminta kepada Penghulu yang terpilih nanti punya kesungguhan menyempurnakan program smart kampung dan memiliki inovasi untuk memajukan wilayahnya, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya serta bisa mengurangi penggunaan plastik.

Selain itu mantan Kabag Tata Pemerintahan itu juga mengingatkan kepada bakal calon penghulu untuk tidak melakukan permainan politik uang. Seperti melakukan 'kontrak politik' dengan kelompok masyarakat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis Basri mengatakan, pelaksanaan seleksi di lakukan, mengingat telah berhakirnya masa jabatan Penghulu di 45 Kampung yang terdapat di 11 (sebelas) Kecamatan di kabupaten Siak.

"Kita harapkan, para bakal calon penghulu mampu menyampaikan gagasan dan inovasi yang berkaitan dengan pemerintah kampung, serta mampu melaksanakan tugas pokok apabila terpilih menjadi penghulu", ucap Yurnalis.

Yunalis menuturkan, tes tertulis dan wawancara ini terdiri dari Kecamatan Sungai Apit di ikuti 4 kampung yaitu 29 balon penghulu, kecamatan Koto Gasib diikuti satu kampung yaitu 6 balon penghulu, kecamatan Lubuk Dalam diikuti 1 kampung yaitu 6 balon penghulu dan Kecamatan mempura diikuti 2 Kampung yaitu 13 balon penghulu.tutupnya. (lipo*11)



Berita Lainnya :
 
  • Kemendesa Representasikan Komitmen Indonesia untuk Pencapaian SDGs 2030 Subtitle
  • Ungkap Kasus Pembunuhan Gajah Sumatera di Riau, KLHK Ngaku Kesulitan
  • Berkas Perkara Dugaan Karhutla PT SSS Dilimpahkan Awal Desember ke Pengadilan
  • Airlangga Tak Pegang Komitmen, Golkar Pecah Lagi
  • Hingga 24 November, Padang Gelar Festival Siti Nurbaya 2019
  • Pelantikan Sekdaprov Riau Dijadwalkan Jumat Siang Pukul 14.00
  • Besok, Yan Prana Jaya Dikabarkan Bakal Dilantik Jadi Sekdaprov Riau
  • Perppu KPK Belum Juga Terbit, ICW Gugat UU KPK ke MK
  • Dinilai Jadi Ladang Korupsi, TP4 Segera Dibubarkan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index