Senin, 18 Juni 2018
Follow:
 
Ternyata Buah Rambutan Bisa Mencegah Kanker

alfi | Lifestyle
Minggu, 11/03/2018 | 06:48:20 WIB
Jakarta, LIPO-BEBERAPA waktu belakangan mungkin Anda melihat banyak penjual rambutan di pinggir jalan dan tertarik untuk membelinya. Buah dengan ciri khas rambut di kulitnya itu memang merupakan favorit bagi banyak orang karena rasanya yang manis. Sama seperti buah pada umumnya, rambutan juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Melansir Style Craze, Jumat (9/3/2018), berikut sejumlah manfaat dari buah yang hanya ada di Indonesia dan beberapa wilayah lain di Asia Tenggara:

Membantu pengobatan diabetes

Bagi para penyandang diabetes yang tidak disarankan mengonsumsi gula berlebih padahal masih membutuhkannya sebagai sumber energi, rambutan bisa dijadikan alternatif. Sebuah studi di China mengungkapkan jika kulit rambutan memiliki sifat anti-diabetes. Ekstrak fenolik dari kulit rambutan bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh.

Membantu proses kehamilan

Rasa manis pada rambutan dapat membantu meringankan pusing atau gejala mual yang biasa terjadi selama kehamilan. Rambutan juga mengandung zat besi sehingga membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kadar hemoglobin. Bagi ibu hamil yang sering merasa gatal, rambutan bisa membantu karena mengandung vitamin E.

Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti buah lainnya, rambutan mengandung serat yang terbilang tinggi sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Serat dapat membantu mengobati hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol.

Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral lain yang terkandung dalam rambutan adalah fosfor sehingga membantu pembentukan tulang. Selain itu, ada pula vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Membantu mencegah kanker

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi melawan peradangan dan melindungi sel-sel di tubuh. Vitamin C dalam buah juga membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker tertentu. Di sisi lain, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan untuk pengobatan kanker.


Melindungi tubuh dari infeksi

Penelitian menunjukkan jika rambutan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Hal itu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari banyak infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah pembentukan nanah.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada rambutan bisa membantu memperbaiki kesehatan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi. Sifat antibakteri pada rambutan bisa membantu membunuh parasit intestinal sehingga berguna untuk pengobatan diare.

Kesehatan kulit

Biji buah rambutan bisa meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Mengoleskan biji rambutan yang sudah dihancurkan ke kulit dapat memperbaiki tekstur kulit serta menjadikannya lembut dan halus. Kandungan mangan dan vitamin C pada rambutan juga bisa membantu menghidrasi kulit dan memproduksi kolagen sehingga membuat kulit tampak sehat dan awet muda.(lipo3/okz)















Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Inhil Tinjau Lokasi Longsor
  • Kafilah Masjid Mustaqim Juara I Lomba Takbiran di Kuansing
  • Piala Dunia 2018, Mengejutkan, Meksiko Tumbangkan Jerman 1-0
  • Trafik Data Telkomsel Naik di Momen Lebaran, Pekanbaru Tertinggi
  • Ribuan Warga Padati Kebun Binatang Kasang Kulim
  • Aktivitas Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Belum Meningkat
  • Jalur Sumbar-Riau Macet, Ditempuh Hingga Dua Jam
  • Hasil Imbang Tidak akan Goyahkan Brasil di Piala Dunia 2018
  • Tim SAR Gabungan Lakukan Patroli Siaga SAR
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index