Minggu, 25 08 2019
Follow:
 
Ini Cara Meredakan Sakit Lutut Saat Tidur

alfi | Lifestyle
Senin, 22/07/2019 | 14:08:13 WIB
JAKARTA, LIPO - Nyeri pada persendian dan pembengkakan menjadi masalah umum yang kerap dirasakan seiring bertambahnya usia. Misalnya, nyeri pada lutut saat berjalan, berlari, dan aktivitas lainnya.

Nyeri lutut pun dapat menganggu kenyamanan saat tidur. Dilansir Medical News Today, rasa sakit akibat radang sendi bisa menjadi sangat parah sehingga menjadi melumpuhkan. Akan tetapi ada beberapa tips untuk meredakan nyeri lutut saat tidur.

Berendam air hangat

Merasakan tidur nyenyak mungkin akan sulit bagi seseorang dengan nyeri lutut akibat radang sendi. Namun, mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu meringankan rasa sakit. Cara ini dapat meredakan nyeri sendi dan membantu seseorang tertidur dengan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Menurut Yayasan Arthritis, berendam dalam air hangat bisa mengurangi gravitasi yang sebaliknya meningkatkan tekanan pada lutut. Manfaat lainnya, seperti meningkatkan sirkulasi, mengurangi pembengkakan dan peradangan.

 

Posisi tidur

Posisi tidur yang nyaman dapat menghilangkan dan mencegah nyeri lutut ketika seseorang sedang tidur. Penting bagi setiap orang untuk memerhatikan posisi yang baik saat tidur. Anda bisa mencoba menggunakan bantal untuk menopang lutut dan memberikan dukungan tambahan lainnya.

Orang yang tidur terlentang dapat meletakkan bantal di bawah lutut, sementara orang yang tidur miring dapat meletakkannya di antara lutut. Bantal akan memberikan rasa yang nyaman dan membantu menghilangkan tekanan dari lutut.

Kompres es atau air hangat

Memilih kompres es dan atau air dingin juga bisa jadi alternatif. Panaskan atau dinginkan air tepat sebelum tidur selama sekitar 20 menit. Salah satu metode ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit di lutut.

Saat menggunakan es, pastikan untuk membungkus kantung es dengan handuk atau kain. Jangan langsung meletakkannya di lutut karena kontak langsung dapat merusak kulit dan menyebabkan rasa sakit.

Sesuaikan waktu pemberian obat

Banyak orang yang diberi resep dokter untuk membantu meredakan nyeri lutut pada malam hari. Kalau obat tersebut dirasa cocok, jangan lupa untuk meminum obat tersebut sebelum tidur.

Berat badan

Berat badan yang berlebih bisa memberikan tekanan pada lutut dan persendian lainnya. Mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi tekanan ini. Upaya yang bisa dilakukan dapat dengan memperbaiki pola makan dan melakukan lebih banyak olahraga.

Olahraga ringan dan teratur dapat meningkatkan aliran darah dan membuat persendian lebih baik. Mereka yang mengalami nyeri lutut harus mencoba berolahraga dengan cara yang tidak memberikan tekanan atau tekanan ekstra pada sendi lutut mereka.

Berenang, bersepeda, dan berjalan ringan bisa menjadi pilihan untuk mendukung upaya ini. Latihan ringan dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan berlebih.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Menkominfo RI Akan Kukuhkan Kepengurusan Persada.id, Bupati Inhil Hadir Sebagai Dewan Pembina
  • Panitia Sail Nias 2019, Matangkan Persiapan Acara Puncak
  • Jelang Munas Golkar, Airlangga Mengaku Dapat Dukungan 92% Kader Golkar
  • Waspada, Ini 4 Bahaya Minum Air dari Botol Plastik Berulang Kali
  • Salah Sumbang Dua Gol, Liverpool Sukses Hancukan Arsenal 3-1
  • Abah SU Terima Kunjungan Panglima Tinggi dan Jajaran Pengurus LBDH
  • Kebakaran Pasar Terapung Tembilahan, Pemda Akan Segera Cari Solusi Bagi Pedagang
  • Tabrak Tronton Parkir di Rohil, 5 Penumpang Bus PMH Meninggal Dunia
  • Lepas Kontingan O2SN Riau ke Semarang dan Aceh, Ini Harapan Gubri Syamsuar
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index