Senin, 27 Januari 2020
Follow:
 
Golkar Sah Peroleh Kursi Terbanyak di DPRD Riau

alfi | Politik
Sabtu, 10/08/2019 | 15:50:09 WIB
PEKANBARU, LIPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Riau Pemilu 2019 dalam rapat pleno yang digelar Sabtu (10/8/2019) di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Berdasarkan hasil perolehan suara partai politik di seluruh dapil yang telah dibacakan, Partai Golkar berhasil mendapatkan jumlah kursi terbanyak, yaitu 11 kursi. Selanjutnya PDIP 10 kursi, Demokrat 9, Gerindra 8, PKS 7, PAN 7, PKB 6, PPP 4, Nasdem 2 dan Hanura 1 kursi. Dengan demikian totalnya ada 65 anggota DPRD Provinsi Riau terpilih periode 2019-2024.

Ketua KPU Provinsi Riau Muhammad Ilham Yasir mengatakan setelah penetapan ini pihaknya akan segera menyerahkan dokumen penetapan tersebut ke Pemerintah Daerah Provinsi Riau pada awal pekan depan.

"Setelah penetapan ini kami akan serahkan dokumen penetapan ke Gubernur Riau secepatnya, yakni tiga hari setelah penetapan. Selanjutnya Gubernur akan menyerahkan ke Menteri Dalam Negeri. Untuk pengesahan dan pelantikan ini wilayahnya Kemendagri," kata Ketua KPU Riau, Muhammad Ilham Yasir.

Sebelum menyerahkan dokumen penetapan kepada Gubernur Riau, KPU terlebih dahulu menyerahkan SK penetapan kepada calon terpilih anggota DPRD Riau di kantor KPU Provinsi Riau.

Ilham mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan dan menetapkan bahwa sengketa PHPU untuk pemilihan legislatif di Provinsi Riau dinyatakan ditolak pada Selasa (6/8/2019) kemarin.

"Kurang lebih ada 7 gugatan yang masuk, yang awalnya ada 11. Kemudian dinyatakan ditolak sehingga pada hari ini dengan kekuatan itu kita punya waktu 5 hari setelah keputusan MK. Karena besok hari libur makanya kita geser pada hari ini pleno penetapan," kata dia.

Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih anggota DPRD juga dilaksanakan secara serentak oleh KPU di 6 kabupaten dan kota di Riau.

"Sedangkan 6 kabupaten lagi alhamdulillah sudah melaksanakan putusan kemarin karena memang tidak ada sengketa. Mudah-mudahan perjalanan proses rekapitulasi proses penetapan kursi ini berjalan lancar hingga proses pengisian jabatan anggota DPRD Provinsi Riau sebelum tanggal 6 September mendatang," tambahnya.(lipo*3/rmc)



Berita Lainnya :
 
  • 4 Mentri Kabinet Jokowi Bekali Kader Nasdem Kuansing
  • Deadline LKTJ Raja Ali Kelana 29 Februari
  • PT Indasia Desak EO Pameran Inhu Ganti Rugi Ratusan Juta
  • Festival Perang Air Selatpanjang Magnet bagi Wisatawan Malaysia dan Thailand
  • Dinkes Riau Minta Warga tak Panik Terkait Virus Vorona, Begini Penanganannya
  • Bandara SSK II Aktifkan Pendeteksi Panas Antisipasi Wabah Corona
  • Ditolak Warga, Wagub Sumbar Minta Kepulangan Turis China Dipercepat
  • Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 80 Orang, 2.744 Terinfeksi
  • Pagi Ini 6.178 CPNS Riau Ikuti Tes SKD
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index