Diskop dan UKM Inhil Lakukan Pembinaan Tata Kelola Koperasi Secara Digital di Tanah Merah


Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pembinaan pengurus koperasi.


Diskop dan UKM Inhil Lakukan Pembinaan Tata Kelola Koperasi Secara Digital di Tanah Merah

Rabu, 27/11/2021

TEMBILAHAN, LIPO - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi dengan penerapan teknologi informasi secara digital di Kecamatan Tanah Merah, Sabtu 27 November 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di Koperasi Jaya Bersama IKKS Tanah Merah ini, dibuka secara langsung oleh Kepala Diskop dan UKM Ir H Tengku Eddy Efrizal MP.

Turut hadir saat itu, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kasubbag di lingkungan Diskop dan UKM Inhil, para pengurus, pendamping dan pengawas Koperasi serta undangan lainnya.

Kepala Diskop dan UKM Ir H Tengku Eddy Efrizal MP dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka penumbuhan dan pengembangan koperasi menuju koperasi modern dalam memasuki era globalisasi saat ini, para pengurus koperasi dituntut untuk bekerja keras dalam pengelolaan koperasi agar koperasi bisa sejajar dengan pelaku usaha lainnya guna menghadapi persaingan usaha yang semakin kompetitif.

"Pengurus koperasi diharapkan dapat membaca dan memanfaatkan peluang informasi teknologi dengan baik untuk bisa maju dan berkembang. Pemerintah dalam hal ini sebagai fasilitator, regulator, mediator dan motivator telah banyak membuat kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat terutama pada koperasi," ujarnya.

Apalagi dengan dikeluarkannya Surat Edaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2021 tentang Pengembangan Koperasi Modern, lanjut pria yang akrab disapa Eddy ini, maka perlu meningkatkan pengetahuan pengurus koperasi melalui pemberdayaan dan pengembangan usaha koperasi, serta pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi dengan penerapan teknologi informasi digital yang difasilitasi oleh Diskop dan UKM Inhil, yang bertujuan untuk terus mendorong pengembangan koperasi ke depan.

"Pemerintah berupaya mendorong proses percepatan koperasi modern yang sehat, kuat dan mandiri, sehingga mampu berkontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta perekonomian nasional terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini," tambahnya.

Secara prinsip dalam rangka pengembangan tingkat kemandirian dan profesionalisme, setiap pelaku usaha untuk pengelolaan usahanya diberikan pembekalan beradaptasi terhadap era globalisasi melalui pengelolaan koperasi dengan penerapan teknologi informasi secara digital dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha.

Untuk pengembangan koperasi ke depan, kata Eddy lagi, pemerintah berupaya mendorong proses percepatan keperasi modern yang sehat, kuat dan mandiri, sehingga mampu berkontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta perekonomian nasional.

Terakhir, Eddy berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut agar dapat menerapkannya pada koperasi masing-masing, sehingga kelak menjadi kriteria koperasi modern.

"Kemudian, juga saya harapkan kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dapat berdiskusi dengan narasumber. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua," imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang diikuti sejumlah koperasi yang ada di Kecamatan Tanah Merah ini menghadirkan narasumber Kepala Bidang (Kabid) Perizinan dan Kelembagaan Diskop dan UKM Yulida Purba SE MH dan Kepala Seksi (Kasi) Perizinan Guntur SE.(adv)


Pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi

Peserta pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi.

Peserta pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi.

     

Pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi

Foto bersama peserta Pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi

Pembinaan pengurus koperasi melalui tata kelola koperasi.

   
Nasional Daerah
Politik Hukrim
Ekonomi Otomotif
Sport Internasional
Hiburan Bandar Serai
Lifestyle Tekno
Travelling    
   
Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
   
>