Senin, 10 08 2020
Follow:
 
Usai Hadiri Rakornas Karhutla 2019 di Jakarta, Sekda Kuansing akan Berkoordinasi dengan Forkopimda

alfi | Kuantan Singingi
Rabu, 07/08/2019 | 09:02:51 WIB
TELUK KUANTAN, LIPO - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. H. Dianto Mampanini, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Istana Negara Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Rakornas Karhutla yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara, Menko Polhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur, Kapolda, Bupati/Walikota Dandim dan Kapolres serta Sekda Kuansing Dr. Dianto Mampanini,SE. MT, Dandim 0302 Inhu-Kuansing, Letkol Arh. Hendra Roza, S.IP, Kapolres AKBP. M. Mustofa, S.IK, M.Si.

Sekda Kuansing Dianto Mampanini, menyebutkan bahwa arahan Presiden RI Joko Widodo meminta Forkopimda di daerah untuk bersinergi, dan bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam mengatasi karhutla, sehingga sekecil apapun api yang ada bisa dipadamkan. Karena kerugian akibat karhutla pada tahun 2015 silam mencapai Rp221 triliun, dan lahan yang terbakar mencapai luas 2,6 juta hektare.

Untuk itu kejadian serupa jangan terulang kembali, kendati jumlah karhutla di tahun 2019 ini sudah berkurang, namun hotspot (titik panas) dibanding 2018 cendrung naik. Karena itu perlu kewaspadaan semua pihak.

Dikatakan Sekda, Presiden juga menekankan empat hal, yakni pertama, prioritas pencegahan melalui patroli dan deteksi dini.  Kedua, Penataan ekosistem gambut bagaimana caranya agar tanah gambut tetap basah.

Ketiga, Segera lakukan pemadaman bilamana ada api dan lakukan pemadaman sebelum api menjadi besar. Keempat, Langkah gakkum  terus konsisten dan ditingkatkan.

Sementara Sekda menambahkan bahwa khusus untuk Kabupaten Kuantan Singingi patut disyukuri, karena sampai sekarang belum ada terjadi kebakaran hutan dan lahan. Kendati demikian perlu kehatian-hatian semua pihak agar kondisi ini benar-benar tetap terjaga.

"Selepas rakor ini nanti, kita akan berkoordinasi dengan Forkopimda. Setidaknya kita melakukan upaya-upaya protektif, agar kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kuansing pada tahun 2019 ini tidak ada sama sekali," pungkasnya.(lipo*3/r24)




Berita Lainnya :
 
  • Sebut Kuansing Lumbung Suara Golkar, Syamsuar Siap Bermalam di Kuansing Demi Memenangkan ASA
  • Kasus Covid-10 Bertambah, Tim Gabungan di Siak Beri Imbauan di Tenpat Keramaian
  • Polres Siak Ciduk Seorang Pelaku yang Diduga Miliki Sabu
  • Tabrakan Beruntun di Tugu Zapin, Empat Kenderaan Roda Empat Rusak Parah
  • Plt Bupati Bengkalis Huni Sel Tahanan Mapolda Riau Sejak Jumat yang Lalu
  • Tanpa Pesaing, Andi Putra Kembali Pimpin Golkar Kuansing
  • Sembunyi Berbulan-bulan dengan Status DPO, Pelarian Muhammad Terhenti di Muaro Jambi
  • Tempuh Puluhan Kilometer, Kapolres Inhu Bagikan Sembako untuk Masyarakat Talang Mamak
  • Pantun Melayu Sebentar Lagi Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index