Senin, 10 08 2020
Follow:
 
DPKP Kuansing Imbau Warga Ciptakan Kawasan Perkarangan Sebagai Sumber Pangan

elpi | Kuantan Singingi
Jumat, 29/11/2019 | 11:48:35 WIB
Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi Ir. Fabri Komara MS didampingi Kabid Ketahanan Pangan Brides. SP/lipo
TERKAIT:
Telukkuantan, LIPO - Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi Ir. Fabri Komara MS didampingi Kabid Ketahanan Pangan Brides. SP diruang kerjanya Kamis (28/11/2019).

Dikatakan Fabri, Kementerian Pertanian menginisiasi optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Rumah Pangan Lestari (RPL). RPL adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri dan luar ruangan


Apabila RPL dikembangkan dalam skala luas, berbasis dusun (kampung), desa, atau wilayah lain yang memungkinkan, penerapan prinsip Rumah Pangan Lestari (RPL) disebut Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Selain itu, KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

Prinsip dasar KRPL adalah: pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa yang bertujuan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Melalui Program Bidang Ketahanan Pangan Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun 2019 ini telah dilaksanakan berupa Kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL) merupakan program Bidang Ketahanan Pangan yang diberikan kepada masyarakat berupa kegiatan dengan konsep memanfaatkan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan masyarat, baik itu dalam bentuk gizi, jumlah dan membantu perekonomian.

Lanjut dikatakan Fabri, Jenis bantuan dana yang telah diluncurkan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuantan Singingi 2019 melalui rekening kelompok dan kelompok yang mengadakan berupa benih / bibit tanaman sayuran, cabe, terong serta itik ataupun ayam sesuai keinginan masyarakat /kelompok penerima bantuan.



Penerima bantuan KRPL pada tahun 2019 dari Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi diantaranya, Kelompok Tani Sidodadi Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Sentajo Raya. Kelompok Tani Melati Desa Pulau Busuk Jaya Kecamatan Inuman, Kelompok Tani Putri Ujung Karam Desa Lebih Lurus Inuman, Kelompok Tani Karya Bakti Desa Sikaping Pangean dan Kelompok Tani Suka Maju Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean.

Lebih lanjut dikatakannya, Pada prinsipnya, Bidang Ketahanan pangan mengantisipasi terjadinya rentang pangan dan gizi. Untuk itu kita melakukan pengumpulan, pemprosesan, penyimpanan, menganalisa lalu menyebarkan informasi sehingga kita mengetahui bahwa harga pangan masih tersedia dalam jumlah dan harga yang aman. Pangan kita harus bergizi, berimbang dan aman dikonsumsi (tidak mengandung bahan berbahaya) papar Fabri Komara. (ADV/lipo*14).




Berita Lainnya :
 
  • Sebut Kuansing Lumbung Suara Golkar, Syamsuar Siap Bermalam di Kuansing Demi Memenangkan ASA
  • Kasus Covid-10 Bertambah, Tim Gabungan di Siak Beri Imbauan di Tenpat Keramaian
  • Polres Siak Ciduk Seorang Pelaku yang Diduga Miliki Sabu
  • Tabrakan Beruntun di Tugu Zapin, Empat Kenderaan Roda Empat Rusak Parah
  • Plt Bupati Bengkalis Huni Sel Tahanan Mapolda Riau Sejak Jumat yang Lalu
  • Tanpa Pesaing, Andi Putra Kembali Pimpin Golkar Kuansing
  • Sembunyi Berbulan-bulan dengan Status DPO, Pelarian Muhammad Terhenti di Muaro Jambi
  • Tempuh Puluhan Kilometer, Kapolres Inhu Bagikan Sembako untuk Masyarakat Talang Mamak
  • Pantun Melayu Sebentar Lagi Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index