Kamis, 09 Juli 2020
Follow:
 
Ulah Virus Corona, Pergelaran Silat Pendekar Batuah Batal Digelar

Elfi | Kuantan Singingi
Senin, 25/05/2020 | 22:45:03 WIB
SENTAJO RAYA, LIPO - Pada Tahun 2020 ini dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, Pergelaran Silat Pendekar Batuah Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Kabupaten Kuantan Singingi batal digelar karena adanya pandemi virus corona. 

Biasanya Pergelaran silat ''Pendekar Batuah''  digelar setiap hari Raya Idul Fitri pada hari Raya ke II di sosoran (Laman) Balai pondam Pandekar Malin Desa Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya.

Di sosoran Pandekar Malin ini biasanya seluruh Pendekar dibawah Pucuk pimpinan perguruan Silat Pendekar Batuah tampil. Semua Pendekar (Guru) hadir dilaman ini untuk Bersilaturahmi dengan para guru yang ada di rantau Kuantan.

Namun pada tahun 2020 ini pergelaran Silat Pendekar Batuah terpaksa batal digelar karena pandemi virus corona.

Menurut Siam (54 ) salah seorang warga Sentajo pencipta silat Pendekar Batuah asal perantauan menuturkan, dengan batalnya pergelaran Silat Pendekar Batuah ini sangat Sedih karena setiap dirinya pulang Kampung selalu menyaksikan pergelaran Silat ini.

Namun karena adanya pandemi virus corona tahun ini terpaksa tidak digelar. Mudah-mudahan tahun depan pergelaran Silat Pendekar Batuah akan bisa kita saksikan kembali. Dirinya mengakui silat Pendekar Batuah enak disaksikan dan sangat memukau paparnya. 

Tradisi ke Rumah Godang Juga  Batal Dilaksanakan 

Selain silat pergelaran Silat Pendekar Batuah, Acara tradisi kerumah Godang (Rumah Adat) Kenegerian Sentajo yang terletak di Desa Koto Sentajo juga batal dilaksanakan.

Batalkanya acara ke rumah godang ini mengindahkan Himbauan Bupati Kuantan Singingi Nomor : 400 / SE/Kesra/V/2020 /61 terkait larangan pada acara Halal bi halal Kesukuan atau kegiatan sejenisnya yang menghimpun orang ramai dalam situasi pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, banyaknya rumah Godang di kenegerian Sentajo 27 unit dan memang ada beberapa rumah godang saja yang dibuka namun para Ninik-Mamak dan cucu-kemenakan hanya beberapa orang saja untuk Bersilaturahmi.

Mudah-mudahan virus corona akan cepat berlalu dan acara tradisi ke rumah godang tahun depan akan dapat dilaksanakan kembali papar Tarmizi (62) warga Koto Sentajo.(*14).



Berita Lainnya :
 
  • Indra Gunawan Eet Selalu Jawab Tidak Tau, Hakim: Memang Saksi Kerjanya Tidur Saja di Sana?
  • Kuatkan Ketahanan Pangan, Polda Riau Launching Program Jaga Kampung di SPN
  • Gelar Muswil Serentak Ditengah Pandemi Covid-19, Zulmizan: Virtual Bisa Jadi Pilihan
  • Bupati Alfedri Apresiasi Kejasama Pemkab dengan Himbara
  • Tempat Wisata Siak akan Dibuka Pengunjung Wajib Lakukan Protokol Kesehatan Covid-19
  • Budaya Hidup Bersih Salah Satu Cara Memutus Rantai Virus Covid-19
  • Tim Gabungan Adakan Patroli Tempat Wisata, Warung Makanan di Siak
  • Antisipasi Penyebaran Covid-19 Tim Gabungan Tegakkan Disiplin di Pos Pantau TASL
  • Posko Covid-19 Kerinci Kanan Lakukan Pengecekan Suhu bagi Pengendara yang Melintas
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index