Kamis, 16 Juli 2020
Follow:
 
Harimau Sumatera Muncul Lagi di Permukiman Warga, Kali Ini di Rohil

alfi | Rokan Hilir
Kamis, 05/09/2019 | 18:07:21 WIB
BAGANSIAPIAPI, LIPO - Kemunculan Harimau Sumatera di pemukiman penduduk di Provinsi Riau, kembali terulang. Setelah di Indragiri Hilir dan Minas, kabupaten Siak beberapa waktu lalu, Si Raja Hutan terpantau nongol di jalan desa yang membelah pemukiman warga di Desa Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. 

Peristiwa itu terjadi pada Rabu 4 September 2019 sekitar pukul 23.00 WIB tadi malam. Namun sejauh ini, belum reaksi yang berlebihan dari warga. Mereka bahkan menganggap, kehadiran Si Raja Hutan adalah berupa teguran supaya warga tidak melakukan perbuatan yang dilarang.

Selain menyaksikan langsung, salah seorang warga sekitar, bahkan sempat mengabadikan kehadiran Si Raja Hutan, sebelum kembali masuk ke kawasan hutan yang bersebelahan dengan pemukiman warga.

Dilansir detik, Kamis 5 September 2019, kejadian itu dibenarkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau.

"Warga yang melihat langsung itu bernama Tarmizi. Warga ini melihat harimau pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB," ungkap Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sukmantoro.

Menurutnya, setelah menerima laporan tentang kehadiran harimau itu, pihaknya meminta Kepala Resort Dumai Seksi Konservasi Wilayah (SKW) BBKSDA Riau, melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

Di lokasi kejadian, tim langsung menemui warga Tarmizi. Kepada petugas BBKSDA Riau, Tarmizi membenarkan dirinya melihat harimau melintas di jalan desa. Tak hanya menyaksikan, ia juga sempat mengabadikan kehadiran si harimau dengan kamera handphone miliknya.

"Saat harimau melintas sempat difoto. Harimau tersebut menjauh ke arah semak belukar," terang Heru lagi.

Belum Ada Laporan
Meski diketahui telah didatangi tamu yang tak disangka-sangka, Heru mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan ada hewan ternak warga yang dimangsa harimau.

"Warga desa mengangap kemunculan harimau tersebut, sebagai bentuk teguran ke warga desa setempat. Kemunculan itu diyakini sebagai bentuk teguran agar tidak berbuat yang tercela," tambahnya lagi.

Untuk diketahui, di sekitar areal desa yang menjadi lokasi kemunculan harimau tersebut, masih terdapat hutan yang mengelilingi Pulau Pedamaran. Diperkirakan hutan tersebut sebagai habitat Harimau Sumatera.

"Aparat desa setempat akan terus melakukan pemantauan dan memberkan informasi secepatnya apa bila terjadi gangguan atau kemunculan harimau tersebut," tutup Heru.(lipo*3/r24/dtc)




Berita Lainnya :
 
  • Polsek Tampan Bekuk Komplotan Pemalsu Administrasi Kependudukan
  • Bila Tuntutan Ratusan Petani ini tidak Direspon, Mereka akan Aksi Jalan Kaki ke Istana Negara
  • Usut Dugaan Penyimpangan Dana Program PMB-RW, Kejari Rencanakan Panggil Camat & Lurah
  • Potensi Kerugian Negara Milyaran, BC Tembilahan Berhasil Gagalkan Penyelundupan 16 Juta Batang Rokok
  • Polda Riau Usut 7 Kasus Penyelewengan Dana Bansos, Diantaranya Dugaan Istri PNS Menerima BLT
  • Kajari Inhil Beri Bantuan Sembako, Perlengkapan Shalat dan 2 Buku Hasil Karyanya untuk Panti Asuhan
  • Penasehat DWP Provinsi Riau Kunjungi Kebun PIA Ardhya Garini Lanud Roesmin Nurjadin
  • Pelantikan Eselon III & IV Pemprov Riau Belum Bisa Dijadwalkan, ini Penyebabnya
  • Kapal Terbakar saat Bersandar di Pelabuhan Tagaraja, 1 ABK Meninggal Dunia
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index