Selasa, 26 Mei 2020
Follow:
 
Trik Bupati Inhu Kenalkan Daerah Melalui Objek Wisata, Salah Satunya Melalui Wisata Danau Raja

elpi | Advertorial
Senin, 16/12/2019 | 13:00:31 WIB
RENGAT, LIPO - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) memiliki banyak tempat wisata alam baik itu dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Tak hanya objek wisata, sejarah dan budaya juga ditonjolkan.

Diantaranya Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Kecamatan Batang Gansal yang memiliki luas ribuan hektar, salah satu objek wisata yang didalam bukit tiga puluh juga terdapat beragam pemandangan alam dan tempat berrekreasi. Seperti, Air terjun.

Untuk mencanangkan sektor pariwisata menjadi andalan dalam mendatangkan potensi, sehingga beberapa terik untuk mengenalkan Daerah lebih cepat dan meningkatkan pendapatan dari tempat wisata. Maka dari itu selama dua priode semasa jabatan Bupati H Yopi Arianto dan Wakil Bupati Khairizal terus membenahi tempat-tempat objek wisa serta menjadikan Destinasi kegiatan even besar.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang di panggung, orang berdiri dan luar ruangan

Salah satu Destinasi tempat wisata andalan kabupaten Indragiri hulu sebagai perkenalan daerah adalah wisata alternatif di tengah kota rengat Danau Raja. Jika kembali kesejarah dahulu, Kota Rengat merupakan, kota yanh dikenal sebagai pusat kerajaan indragiri, sebagai kota bersejarah yang mana setiap tahunnya ramai dikunjungi saat hari-hari besar yakni Hari Raya dan hari besar lainnya.

Danau Raja sendiri terletak di pintu masuk kota Rengat.Danau ini termasuk tempat favorit warga dari berbagai daerah yang datang ke kota rengat saat libur.

Tak hanya sebagai tempat hiburan, Objek Wisata di danau raja juga sebagai Distinasi tempat acar besar. Seperti,pada tahun sebelum di danau raja pernah dijadikan tempat pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Riau, yang mana sebagai astaka sendiri di bangun di tengah-tengah Danau.


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

Semenjak masa Pimpinan H Yopi Arianto SE yang di kenal orang nya merakyat, Danau Raja di Desain dengan berbagai fasilitas. Seperti dibangunnya musola, tempat saung untuk santai, sekeliling danau sendiri di kelilingi dengan pagar dan masih banyak lainnya.

Indah nya Danau Raja di kelilingi dengan pohon-pohon besar dan rindang sehingga membuat para pengunjung lebih betah. Menurut sejarahnya, danau raja merupakan tempat pemandian keluarga Istana Indragiri. Tak jauh dari Danau Raja juga terdapat replika istana kerajaan indragiri. Tidak hanya itu saja, terdapat pula sejumlah situs bersejarah peninggalan Kerajaan Indragiri. Diantaranya Rumah Tinggi yang merupakan bentuk rumah asli masyarakat Melayu Indragiri. Rumah Tinggi ini dibangun oleh Seorang Menteri pada masa Kerajaan Indragiri bernama Raja Haji Muhammad Saleh.

Berselang berkembangnya zaman, tempat wisata yang ada di kabupaten Indragiri hulu terus dibenahi untuk meningkatkan para wisatawan ke daerah dan memperkenalkan keragaman budaya maupun peningalan sejarah di kabupaten Indragiri hulu kepada wisatawan.

Bisa dilihat bersama-sama, selain danau raja, juga terdapat danau dengn luas puluhan ketar. Seperti, Tempat objek wisata di Danau Manduyan, di objek wisata ini fasilitas maupun saran dan prasarana sudah semangkin bagus, ditambah dengan bangunan pendopo kecil yang ada di tepian Danau. Bahkan tak jauh dari Danau Manduyan terdapat makam-makan raja Indragiri yang saat ini sebagai situs cagar budaya. Jika anda masih memiliki waktu untuk jalan-jalan, tidak ada salahnya mengunjungi Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri yang merupakan situs cagar budaya berupa makam raja Indragiri dan para pengikutnya. Situs ini berada di Desa Kota Lama sekitar 17 Km dari Kota Rengat arah Pekanbaru.


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan


Di Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Nara Singa II, makam puteranya yang bernama Sultan Usuluddin, makam Andi Sumpu Muhammad bergelar Panglima Jukse Besi yang panjang makamnya mencapai 8 meter.

Raja Narasinga II juga dikenal sebagai Paduka Maulana Sri Sultan Alauddin Iskandarsyah Johan NaraSinga II yang bergelar Zirullah Fil Alam yang memerintah dari tahun 1473-1532

Bicara tentang objek wisata banyak sebenarnya di Indragi Hulu, baik itu milik pemerintah maupun milik swasta. Saat ini bupati Inhu Yopi Arianto mempunyai trik memperkenalkan daerah. Seperti, memperkenalkan daerah melalui objek wisata yang ada, salah satunya objek wisata di tengah Kota Rengat Danau Raja.

Danau Raja ini sebagai tempat yang pas untuk memperkenalkan daerah, karena tempatnya di tengah kota. Untuk tahun 2019 banyak kegiatan yang sudah dilakukan di sini, seperti, Pelaksanaan pusat Goes Nusantara, MTQ tingakat kabupaten, Pacu Jalur teradisional dan masih banyak kegiatan lainnya yang mengundang para wisatawan masuk ke darah kita.

Tak hanya itu saja, dalam waktu dekat ini pada tanggal 22 Desember 2019 akan di jadikan tempat kegiatan Goes dalam rangkat memperingati hari HUT TNI. Jadi kita harus bangga memiliki tempat wisata di tengah kota, Danau Raja sendiri termasuk dalam kategori Danau nomor dua di Indonesia yang posisi nya di tengah kota.


Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, pohon dan luar ruangan


"Apalagi di zaman masa Pimpinan Yopi Arianto sarana dan prasaran terus dibangun, bisa kita lihat sendiri," jelas PLT Disporasata kab.inhu di dampingi Kepala Bidang Pariwisata pada Disporasata Kabupaten Inhu Lishaisar SSos, saat di konfirmasi, Senin 16/12/2019.

Kunjungan wisatawan tahun 2019 terbilang cukup meningkat, saat ini pemerintah sendiri sedang berupaya Upaya mewujudkan keberhasilan sektor pariwisata, difokuskan kepada tiga aspek utama sukses pariwisata yakni 3A (aksestabilitas, atraksi dan amenitas). Ketiga aspek yang saling terkait ini sebagai kunci dalam mengejar tekad Indragiri Hulu menjadi daerah tujuan atau destinasi baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Selain mengedepan tiga aspek, Dispora kabupaten Indragiri hulu juga menginginkan visi dan misi bupati Inhu H Yopi Arianto, yang mana mengedepan objek wisata di Inhu merupakan salah satu visi dan misi dirinya maju sebagai bupati pada tahun sebelum nya. (Advertarial/lipo 15)




Berita Lainnya :
 
  • Gubri Syamsuar Lakukan Sidak Dihari Pertama Masuk Kerja ke Sejumlah OPD
  • Empat Hari Berturut-turut, di Pekanbaru Nihil Penambahan Warga Positif COVID-19
  • Wako Firdaus Pimpin Upacara Kehadiran Hari Pertama Masuk Kerja Pagi Ini
  • H+2 Lebaran, Hanya 6 Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru, Itu pun Angkutan Cargo
  • Waspada Gangguan Kesehatan yang Bisa Muncul Setelah Lebaran
  • Hingga Lebaran Kedua, 135 Napi Asimilasi Ditangkap Polisi
  • Gubri Ingatkan ASN & THL Agar Masuk Kerja Selasa
  • Ulah Virus Corona, Pergelaran Silat Pendekar Batuah Batal Digelar
  • Prihatin, Pasien Positif Covid-19 & Keluarga Masih Ada yang di 'bully'
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index