Jum'at, 29 Mei 2020
Follow:
 
Dewan Inhu Desak Samsudin Buat Surat Pengunduran Diri Sebagai Ketua DPRD Secara Tertulis

Elfi | Politik
Kamis, 14/05/2020 | 19:05:31 WIB
RENGAT, LIPO - Terkait pengunduran diri Samsudin sebagai Ketua DPRD Inhu yang sempat dinyatakan didepan media menjadi buah bibir ditengah masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).  Pernyataan pengunduran dirinya pun dianggap main-main, dan  berdampak kepada kebijakan pembangunan di Inhu.

Salah satu anggota Dewan Inhu, Dodi Irawan, Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kabupaten Indragiri Hulu, menangapi perihal pernyataan mundur tersebut. 

"Kalau emang mau mengundurkan diri, atau sayang ke lembaga DPRD Inhu, Nyatakan dengan surat resmi. Jangan berkelakuan macam seperti ini. Banyak agenda politik yang harus di selesaikan DPRD Inhu nih yang dibutuhkan masyarakat Inhu," ucap Dodi Irawan, Kamis (14/5/2020).

Untuk diketahui, Samsudin merupakan kader Partai Golkar sebagai pemenang pemilu di Inhu Tahun 2019 yang lalu. Saat ini menduduki posisi menjadi ketua DPRD Priode 2019-2024. Ia (Samsudin) diminta mengambil keputusan yang jelas terkait pengunduran tersebut. Agar proses di DPRD Inhu berjalan baik dan lancar.

"Jangan mengaku mengundurkan diri tapi tidak berani bersurat ke DPRD.  Sementara disisi lain mengakui sebagai Ketua , kenyataan nya tidak mengurus tugas sebagai Ketua dan tak masuk  kantor.  Apakah polemik ini sengaja dibuat oleh kader Partai Golkar ini, sebagai pemenang dan Golkar sebagai partai penguasa yang menghambat pembangunan di Inhu?. Jangan "Kong x Kong", masih terlalu banyaknya problem masyarakat kita di Indragiri Hulu ini yang harus diselesaikan," jelas Dodi.

Hal yang sama juga disikapi oleh Martimbang Simbolon dari Fraksi Partai Perindo, asal Dapil II. Dirinya menilai, Ketua DPRD Inhu saat ini tidak fokus terhadap kinerjanya dan meninggalkan tanggung jawabnya di lembaga.

"Kenapa saya katakan seperti ini, menurut pengakuan Ketua DPRD Inhu Samsudin telah berkirim surat pengunduran diri ke DPD II partai Golkar Kabupaten Inhu, tetapi sampai hari ini tidak ada di kirim suratnya. Sehingga kegiatan dan agenda DPRD banyak tertunda, mari kita berkaca kepada lembaga lainnya yang fokus menangani covid-19 tanpa mengabaikan tugas yang lain. Saya secara pribadi berharap agar partai Golkar yang sanggup menakhodai Ketua DPRD, masih banyak kader Golkar lainnya yang sanggup menjadi Ketua," ungkap Martimbang Simbolon.

M Sayfaat selaku Ketua Fraksi Partai PKS, dan sebagai anggota Komisi I DPRD Inhu, mengutarakan, sebagai partai dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD Inhu, partai Golkar seharusnya segera mengambil sikap, karena jika proses ini berlama lama dan tak jelas, maka akan merugikan lembaga DPRD itu sendiri.

"Saya berharap kepada dua Wakil Ketua agar segera mengambil sikap politik dan menjalankan setiap prosesnya berdasarkan Tata Tertib DPRD Inhu," tuturnya Sayfaat.

Hal yang sama juga disampaikan Chandra Saragih, anggota DPRD Inhu dari partai PDIP, juga menyikapi peryataan terkait pengundur diri Samsudin dari Ketua DPRD. Dirinya menilai niat tulus untuk mundur dari Ketua kurang lengkap, karena tidak menyampaikan hal tersebut ke pimpinan dewan.

"Jadi saran saya secepatnya beliau mengajukan surat pengunduran diri ke lembaga DPRD. Saya berharap kepada Partai dan Fraksi Golkar, saya mengajak serta menghimbau agar secepatnya memproses pengundur diri Samsudin dan mengajukan pengganti nya. Karena secara undang-undang, Golkar sebagai partai pemenang pemilu di Kabupaten Indrgiri Hulu. Marilah kita bangun Kab. Inhu dengan hati bukan dengan kepentingan politik saja," tutup Chandra Saragih.

Atas tanggapan anggota Dewan Inhu terkait kejelasan pengundur diri Samsudin, awak media berusaha menghubungi Ketua DPRD Samsudin melalui nomor telepon seluler dan via WhatsApp. Namun, tak kunjung ada jawaban, hingga berita diterbitkan. (lipo*15)



Berita Lainnya :
 
  • Sukseskan New Normal, Polda Riau Libatkan 1.131 Personel
  • RSUD Arifin Achmad Buka Pelayanan Swab Untuk Masyarakat
  • Jokowi Sebut Pembukaan Sektor Pariwisata tak Usah Tergesa-gesa
  • Sepekan Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid- 19 di Pekanbaru
  • 3 Kabupaten di Riau Ini Tak Perlu Jalani New Normal, Ini Alasannya
  • Kebijakan New Normal Dilaksanakan, Pemkab Siak akan Buka Kembali Istana Siak
  • Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak Dukung Penuh kebijakan New Normal
  • Data Grafis Pasien Covid-19 Inhil Terus Turun
  • Wabup SU Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan DPC PKB Inhil Dalam Penanggulangan Covid-19
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index