Selasa, 31/10/2017
Follow:
 
Banyak Minum Air Sebelum Tidur, Bolehkah?

elpi | Lifestyle
Selasa, 31/10/2017 | 05:34:27 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Minum air putih yang cukup memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, banyak minum air menjelang waktu tidur justru dapat membawa dampak yang kurang baik.

Pada dasarnya, minum air di malam hari itu sendiri bukanlah sesuatu tidak menyehatkan. Akan tetapi, banyak minum air menjelang tidur dapat membuat seseorang terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil. Kualitas tidur yang terganggu ini secara umum tidak baik bagi kesehatan.

Menurut ahli imunologi integratif Heather Moday MD, kualitas tidur yang buruk bisa berdampak pada sistem imun yang lebih lemah. Hal ini tentu bukan sesuatu yang diinginkan siapa pun di masa pandemi.

"Ketika tubuh ktia beristirahat, sel-sel sistem imun juga bisa memfokuskan semua upaya dan energi untuk melakuakn serangan kuat melawan virus dan bakteri," ujar Moday, seperti dilansir Mind Body Green, Rabu (11/11).

Selain itu, tidur yang terganggu juga dapat mengganggu kesehatan usus. Seperti diketahui, kesehatan usus turut berperan dalam fungsi imun, pencernaan, dan otak.

Dokter keluarga Robert Rountree MD mengatakan hal penting mengenai tidur tak hanya soal total durasinya. Penting pula bagi seseorang untuk mendapatkan tidur mendalam atau tidur REM yang cukup.

Terbangun di malam hari untuk buang air kecil dapat mengganggu siklus tidur. Kondisi ini dapat memicu kepeningan dan energi yang terbatas ketika terbangun di pagi hari.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan waktu ideal untuk berhenti minum sebelum tidur. Waktu ideal ini tentu berbeda pada setiap orang, bergantung pada usia, status kesehatan, hingga aktivitas fisik atau seksual.

Secara umum, dokter spesialis urologi Vannita Simma-Chiang MD menganjurkan agar minum terakhi dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Namun, bila memang merasa haus atau tenggorokan terasa kering setelah itu, sebaiknya tetap minum air. Pastikan untuk buang air kecil sebelum tidur setelahnya.

Bila seseorang tetap terbangun untuk buang air kecil meski sudah mengotrol asupan minum, bisa jadi kondisi tersebut berkaitan dengan beberapa penyakit. Misalnya, diabetes, tekanan darah tinggi, atau penggunaan obat untuk kardiovaskular seperti obat diuretik.

Ahli gizi Jess Cording menyarankan orang-orang untuk menyiapkan segelas air di dekat tempat tidur mereka. Segelas air ini dipersiapkan untuk diminum keesokan hari saat bangun tidur. Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dianjurkan untuk mempromosikan hidrasi yang positif sepanjang hari, untuk usus yang optimal, dan tubuh sehat secara keseluruhan.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Serahkan Mesin Untuk Nelayan Inhu, Abdul Wahid: Subsidi Gas Untuk Masyarakat Miskin Ditambah 2021
  • Gubri Sudah Teken, 7 Kabupaten Kota Naikkan UMK, 5 Daerah Tidak Naik
  • Kemenag Usul Beli Vaksin Covid-19 Buatan Saudi Demi Kelancaran Haji
  • 346 Warga Binaan Lapas Pekanbaru Sudah Sembuh dari COVID-19
  • Ini Cara Meracik Minuman Jamu hingga Kunyit Jadi Lebih Modern
  • Seleksi Calon PPPK Tenaga Guru Untuk 1 Juta Formasi Dibuka, Ini Kriteria yang Boleh Daftar
  • Penipu! Nama Abdul Wahid Digunakan untuk Minjam Uang, Kalo Dijapri Mohon Diabaikan Ya!
  • Kejati Riau Periksa Setdakab Inhu Terkait Adanya Temuan BPK
  • Temukan Barang Bukti dalam Jacket, Polisi Amankan Satu Pelaku
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index