Jumat, 25 Juni 2021
Follow:
 
Ini Enam Alasan Kentang Baik Bagi Kesehatan

elpi | Lifestyle
Senin, 31/05/2021 | 05:53:17 WIB
Kentang/int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Kentang telah mendapat citra yang buruk. Makanan yang dulunya merupakan makanan pokok murah di banyak negara telah dicap dalam beberapa tahun terakhir sebagai makanan "tidak sehat" yang sebaiknya dihindari.

Padahal, kentang banyak mengandung vitamin dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan. Inilah enam alasan mengapa kentang baik untuk kesehatan, dilansir dari eatthis, Ahad (30/5).

Vitamin C

Orang biasanya mengasosiasikan vitamin C dengan jeruk dan buah jeruk. Tapi sumber penting vitamin C dalam makanan Inggris selama sebagian besar abad ke-20 sebenarnya berasal dari kentang. Rata-rata, kentang kecil (150g) memberi kita sekitar 15 persen vitamin C harian kita.

Vitamin C penting karena tidak hanya mendukung fungsi kekebalan dan mengandung antioksidan, vitamin C memainkan peran penting dalam membentuk jaringan ikat, yang membantu persendian kita bekerja, dan menahan gigi kita pada tempatnya. Inilah sebabnya mengapa kekurangan vitamin C terkait dengan gigi yang rontok.

Vitamin B6

Vitamin B6 adalah faktor pendamping penting (molekul kecil) di dalam tubuh. Ini membantu lebih dari 100 enzim dalam tubuh berfungsi dengan baik, memungkinkan mereka untuk memecah protein. Ini mungkin juga mengapa B6 dikaitkan dengan kesehatan mental yang baik. Biasanya, kentang kecil mengandung sekitar seperempat dari asupan harian B6 yang direkomendasikan orang dewasa.

Kalium

Memiliki potasium dalam sel kita penting untuk mengatur sinyal listrik di otot dan saraf. Jadi, jika kalium terlalu tinggi atau rendah, itu bisa menghentikan kerja jantung kita.

Kentang panggang, panggang, dan goreng mengandung kadar kalium yang lebih tinggi daripada kentang rebus atau kentang tumbuk, dengan kentang jaket mengandung sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan. Ini karena kentang rebus yang dipotong dadu dapat menyebabkan sekitar setengah dari kalium bocor ke dalam air.

Namun, orang dengan penyakit ginjal mungkin perlu membatasi jumlah kentang yang mereka makan. Dan jika Anda memanggang atau menggoreng kentang Anda, berhati-hatilah dengan banyaknya minyak yang Anda gunakan.

Kolin

Kolin adalah senyawa kecil yang menempel pada lemak untuk membuat fosfolipid, penyusun dinding sel, serta neurotransmitter asetilkolin. Kentang mengandung tingkat kolin tertinggi kedua, setelah makanan kaya protein, seperti daging dan kedelai.

Sangat penting untuk mengonsumsi cukup kolin karena penting untuk otak, saraf, dan otot yang sehat. Dan perbedaan halus dalam gen kita mungkin berarti beberapa dari kita secara alami lebih kekurangan dalam membuat kolin.

Kulit kentang mengandung sekitar 10 persen dari kebutuhan kolin harian seseorang. Kolin sangat penting dalam kehamilan, karena bayi yang sedang tumbuh membuat banyak sel dan organ baru.

Baik untuk perut

Memasak dan mendinginkan kentang sebelum memakannya memungkinkan terbentuknya pati resisten. Pati sehat ini membantu tubuh kita dalam banyak hal, termasuk dengan bertindak sebagai prebiotik.

Pendinginan pati matang yang lembut menyebabkannya runtuh. Meskipun hal ini sebenarnya membuat mereka lebih sulit untuk dicerna, ini berarti bakteri di usus besar kita kemudian memfermentasi mereka, menghasilkan senyawa yang mirip dengan cuka yang disebut asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini menyehatkan usus kita dan menjaganya tetap sehat.

Asam lemak rantai pendek juga dapat mengubah metabolisme kita dengan cara yang baik, membantu menurunkan lemak darah dan kadar gula darah. Ini membuat kentang rebus dan kukus menjadi makanan rendah kalori, padat nutrisi dan mengenyangkan.

Bebas gluten

Kentang juga secara alami bebas gluten, jadi merupakan pilihan yang bagus untuk penderita penyakit celiac atau yang perlu menghindari gluten.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • PWI Riau Kembali Gelar UKW Angkatan XVII
  • Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat untuk Penerimaan CPNS
  • Polres Siak Tangkap Pengedar Daun Ganja Kering
  • Sekdaprov Riau Minta OPD Gesa Realisasi DAK Fisik
  • Penguatan Literasi Kebijakan Perubahan Iklim Masyarakat Pulau Bengkalis
  • Dua Buronan Kejaksaan Agung Segera Dideportasi dari Singapura
  • Polda Sumut Amankan Pelaku Penembakan Wartawan
  • Ini Cara Pelaku Sektor Pariwisata Bertahan di Tengah Pandemi
  • Wabup Husni: Pemkab Siak Dukung Upaya KASN Selaraskan Tahapan Pengisian JPT Sesuai Aturan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index