Selasa, 21 September 2021
Follow:
 
Tidak Lagi Colok Hidung, Bio Farma Buat Alat Tes Covid-19 Metode Kumur

elpi | Lifestyle
Senin, 06/09/2021 | 11:22:08 WIB
Ilustrasi/okz
TERKAIT:
 
 
LIPO - Selama ini tes covid-19 dengan metode antigen atau PCR mengandalkan colok hidung (swab) sebagai pengambilan sampelnya. Cara ini diakui banyak orang tidak nyaman, terlebih untuk anak-anak.

Bergerak dari keluhan tersebut, kini masyarakat bisa melakukan tes covid-19 dengan metode kumur-kumur. Ya, PT Bio Farma mengembangkan alat diagnosis covid-19 dengan metode kumur. Alat tersebut dinamai BioSaliva.

"Alat tes RT Polymerase Chain Reaction (PCR) tersebut memiliki sensitivitas hingga 95 persen, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif selain menggunakan PCR Kit. Alat ini pun sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada 1 April 2021 dengan nomor Kemenkes RI AKD 10302120673," terang laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), seperti dikutip dari laman resminya, Senin (6/9/2021).

BioSaliva alat tes covid-19 dengan metode kumur. (Foto: Kemenkes)

Metode kumur ini membaca partikel virus menggunakan sampel gargled saliva. Dengan alat pembaca yang memiliki sensitivitas 95 persen, diharapkan tes cara kumur ini bisa memberi alternatif metode tes covid-19 yang nyaman untuk masyarakat.

Diterangkan lebih lanjut, tes kumur ini sudah diuji post market Kemenkes dan tiga laboratorium yakni Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; Laboratorium Biomedik Lanjut, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran; serta Laboratorium Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga.

Ada syarat yang mesti dilakukan sebelum tes kumur, yaitu Anda diminta untuk tidak makan dan minum, merokok, berkumur dengan mouthwash selama 1 jam sebelum tes dilakukan. BioSaliva sendiri digunakan dengan cara berkumur di bagian tenggorokan dalam.

Tata Cara Tes Covid-19 dengan Metode Kumur:

1. Sebelum berkumur, Anda diminta untuk tarik napas secara kuat, lalu batuk sedikit untuk mengeluarkan dahak tanpa dibuang.

2. Selanjutnya, masukkan cairan kumur yang tersedia dalam kemasan BioSaliva ke mulut dan mulai berkumur di bagian dalam tenggorokan.

3. Setelah itu, keluarkan cairan kumur dari mulut ke dalam wadan dan campurkan dengan larutan pencampur yang juga sudah tersedia di dalam kemasan. Kemudian kocok dan sampel siap dites di laboratorium.

"Tes jenis ini mudah-mudahan bisa menjadi pilihan dari Kementerian Kesehatan untuk regulasi ke depannya. Kami berharap produk dalam negeri ini bisa diutamakan," kata dr Sri Harsi Teteki, direktur pemasaran PT Bio Farma.

Pihak Kemenkes yang diwakili Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Sodikin Sadek pun mengapresiasi hadirnya metode kumur ini.

"Saya apresiasi hasil penelitian ini karena ini pun merupakan produk dalam negeri," ungkapnya.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Bayar Parkir di Kawasan Protokol Pekanbaru Kini Pakai Scan Barcode. Begini Caranya
  • Telkomsel Berkolaborasi dengan Zoom Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau
  • Waka Polres Kuansing Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2021
  • Satreskrim Polres Siak Berhasil Ungkap Pelaku Penipuan Ratusan Juta
  • Lantik 37 Penjabat Penghulu, Ini Pesan Wabup Siak
  • Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
  • Diduga Korupsi Hibah Alat Kesehatan, Polda Riau Tahan Kadiskes Meranti
  • Jaga Ketat Bandara, Menhub Tak Ingin RI Kebobolan WNA Positif Covid-19
  • Tes SKD Calon ASN Kota Pekanbaru Akan Dilaksanakan Mulai 29 September di SKA CoEx
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index