Senin, 20 September 2021
Follow:
 
Ini 5 Cara Mudah Mengobati Mual akibat Asam Lambung, Silahkan Coba

elpi | Lifestyle
Senin, 06/09/2021 | 11:31:41 WIB
Ilustrasi/dtc
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO -  Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) jelas tak bisa disepelekan. Selain berisiko menyebabkan penyakit berkepanjangan jika didiamkan, mual asam lambung ini bisa menghambat produktivitas dan kenyamanan beraktivitas sehari-hari.

"Penyakit refluks gastroesofagus disebabkan oleh kombinasi kelainan fisiologis pada pasien. Gejalanya termasuk rasa terbakar di dada, episode refluks dan beberapa kali masalah pernapasan," ujar konsultan ahli gastroenterologi bedah dari RS Medicover, dr Aslam Baba, dikutip dari Times of India, Senin (6/9/2021).

"Gangguan ini meningkat karena peningkatan faktor pencetus seperti obesitas, gaya hidup menetap, stres, kebiasaan makan yang tidak tepat waktu, perubahan pola tidur, konsumsi makanan pedas, merokok dan asupan alkohol, " lanjutnya.

Refluks asam terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah (LES), cincin otot yang memisahkan kerongkongan dan perut tidak dapat menutup rapat setelah menelan makanan atau cairan. Walhasil, asam lambung dan partikel makanan mengalir kembali ke kerongkongan ke tenggorokan.

Baca juga: Asam Lambung, Penyakit Umum yang Harus Diwaspadai
Seringkali, refluks asam dapat menyebabkan rasa asam di mulut diiringi dengan batuk atau sendawa. Hal ini dapat menyebabkan perasaan mual.

Umumnya, dokter meresepkan antasida untuk mengurangi produksi asam lambung. Namun sebagai langkah pertolongan pertama untuk meminimalkan mual asam lambung, berikut hal-hal yang bisa dicoba:

1. Kunyah permen karet

Dikutip dari Healthline, mengunyah permen karet dapat mengurangi mual akibat naiknya asam lambung. Berdasarkan penelitian oleh Journal of Dental Research, permen karet efektif menghilangkan sensasi asam di mulut yang kerap kali menjadi pemicu mual.

2. Konsumsi jahe

Jahe sudah turun-temurun digunakan untuk mengatasi rasa mual, termasuk pada ibu hamil hingga pengidap asam lambung. Namun jika tidak kuat memakan jahe mentah karena rasa dan aromanya yang amat mencolok, jahe bisa diparut, kemudian dicampurkan ke dalam smoothie atau teh hangat.

"Jahe adalah anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan kerongkongan yang berhubungan dengan GERD," kata ahli diet Kelly Kennedy dikutip dari Insider, Senin (6/9/2021).

3. Atur posisi tidur

Ketika merasa mual, seseorang kerap refleks rebahan. Namun rupanya, cara ini tak direkomendasikan dokter. Rebahan dengan posisi datar saat mual justru dapat menyebabkan muntah.

"Penting untuk menggunakan gravitasi untuk keuntungan Anda dan menjaga kepala Anda tetap di atas perut Anda," kata Daniel Devine, MD, dokter penyakit dalam dan ahli geriatri di Devine Concierge Medicine.

Dengan begitu, seringkali pengidap asam lambung disarankan untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada badan, misalnya menggunakan menggunakan tumpukan beberapa bantal.

4. Makan pelan-pelan

Makan terlalu banyak dan terburu-buru dapat memicu mual, khususnya pada pengidap asam lambung. Saat makan banyak, perut meregang sehingga timbul kembung, mulas, serta gerakan pencernaan yang berlebihan sehingga memicu rasa mual.

Devine menyebut, sejumlah makanan yang dapat mengatasi rasa mual seperti roti putih atau panggang, saus apel, sup, dan pisang. Yang pasti, hindari makanan pemicu asam lambung seperti makanan pedas, soda, dan alkohol.

5. Minum air putih

Saat mual, minum air putih pun mungkin terasa tak nyaman. Akan tetapi Devine menyebut, amat penting untuk tetap mencukupi kebutuhan air putih saat mengalami mual asam lambung. Sebab dehidrasi akan memperburuk rasa mual.(lipo*3/dtc)





Berita Lainnya :
 
  • Bayar Parkir di Kawasan Protokol Pekanbaru Kini Pakai Scan Barcode. Begini Caranya
  • Telkomsel Berkolaborasi dengan Zoom Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau
  • Waka Polres Kuansing Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2021
  • Satreskrim Polres Siak Berhasil Ungkap Pelaku Penipuan Ratusan Juta
  • Lantik 37 Penjabat Penghulu, Ini Pesan Wabup Siak
  • Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
  • Diduga Korupsi Hibah Alat Kesehatan, Polda Riau Tahan Kadiskes Meranti
  • Jaga Ketat Bandara, Menhub Tak Ingin RI Kebobolan WNA Positif Covid-19
  • Tes SKD Calon ASN Kota Pekanbaru Akan Dilaksanakan Mulai 29 September di SKA CoEx
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index