Rabu, 20 Oktober 2021
Follow:
 
Jus Delima Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dalam 15 Menit

elpi | Lifestyle
Kamis, 07/10/2021 | 06:23:17 WIB
Delima/rol
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia bisa memicu berbagai masalah kesehatan, utamanya bagi para penyandang diabetes. Haus atau lapar ekstrem, muntah, serta penglihatan kabur bisa dirasakan oleh diabetesi ketika kadar gula darahnya tinggi.

Penasihat Klinis Senior di Diabetes UK, Esther Walden, mengatakan, pengidap diabetes tipe 2 perlu menjaga kadar gula darah tetap stabil.  Itu penting guna mengurangi risiko komplikasi, seperti serangan jantung, strok, masalah ginjal, dan mata.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan kembali gula darah, salah satunya adalah dengan minum segelas jus delima. Sebuah studi yang terbit di Current Development of Nutrition, Oxford Academic pada Juni 2020 mengungkapkan bahwa minum jus pomegranate dapat menurunkan kadar gula darah hanya dalam 15 menit.

Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat memberi peserta dengan air gula serta jus delima. Mereka menemukan bahwa respons glukosa yang lebih rendah teramati pada pasien yang minum jus delima.

Temuan mereka juga menunjukkan bahwa minum jus delima dapat membantu mengatur kadar gula darah pada pengidap diabetes. Ini terjadi pada orang dengan berat badan normal dan diberi jus delima sebanyak 230 ml.

Yang mengejutkan, kadar gula darah semua peserta secara signifikan menurun dalam waktu 15 hingga 30 menit setelah minum jus delima. Selain dengan minum jus, ahli nutrisi di Inggris, Kerry Beeson, juga merekomendasikan jalan santai sebagai solusi untuk menurunkan kadar gula darah.

Olahraga ringan, seperti berjalan kaki, meningkatkan detak jantung dan pernapasan, yang kemudian bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Ia merekomendasikan untuk berjalan-jalan setidaknya 15 sampai 30 menit dalam sehari.

"Menggerakkan otot bisa merangsang penyerapan glukosa (gula) dari aliran darah, yang pada gilirannya menurunkan kadar glukosa darah. Cobalah lakukan itu setiap habis makan untuk mencegah lonjakan gula darah yang sering dialami setelah makan," kata Beeson, seperti dilansir dari The Sun, Rabu (6/10).

Jika berjalan bukan hal yang disukai, Beeson menyarankan untuk mencoba latihan yoga. Selain bisa menurunkan kadar gula darah, yoga juga akan membantu menghilangkan stres.

"Ada hubungan yang rumit antara stres dan gula darah. Berlatih meditasi dan memerhatikan asupan makan telah terbukti dalam beberapa penelitian membantu menjaga keseimbangan gula darah,” kata Beeson.

Selain itu, Beeson juga menyarankan untuk lebih banyak minum air putih. Untuk tetap terhidrasi, orang dewasa harus minum sekitar dua liter air sehari.

Tetapi, ketika kadar gula darah tinggi, kemungkinan tubuh akan mencoba mengeluarkan kelebihan gula dan membuat Anda sering bolak-balik toilet. Karena itu, tubuh Anda perlu kembali terhidrasi.

"Minum air putih lebih banyak dapat membantu membuang kelebihan glukosa dan menurunkan kadar gula darah," jelas Beeson.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
  • KPK Tetapkan Bupati Kuansing Sebagai Tersangka Terkait OTT Di Kuansing Riau, Ini Kronologisnya
  • Selain Bupati Kuansing, Beberapa Kadis di Kuansing Dikabarkan Turut Diperiksa KPK
  • Serahkan Zakat Secara Langsung, Wabup Husni Sampaikan 2 pesan kepada Mustahik
  • Delapan Orang Masih Diperiksa KPK di Riau, Sejumlah Kantor Digeledah
  • Sidang Dugaan Pembobolan Dana Nasabah BJB, Teknisi Sebut Ada Backup Rekaman CCTV
  • Silaturahmi dengan Ditjen Polpum, Kemendagri Dukung Pelaksanaan Rakor FPK
  • KPK RI Benarkan Ada OTT di Kuansing Riau, Sejumlah Pihak Masih Diperiksa, Terkait HGU?
  • 5 Aturan Baru PPKM Berlaku Mulai Hari Ini
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index