Minggu, 28 November 2021
Follow:
 
Ini 5 Alasan Anda Harus Makan Buah dan Sayuran

elpi | Lifestyle
Jumat, 05/11/2021 | 08:32:05 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Beriklim tropis, Indonesia dikaruniai beragam buah dan sayuran yang tersedia sepanjang tahun. Sebagian juga ada yang bisa dipanen tergantung musim.

Dikutip dari Times Now News pada Jumat (5/11), mengonsumsi buah dan sayur dapat mendatangkan banyak manfaat, bukan saja untuk kesehatan. Berikut empat alasan Anda harus makan buah dan sayur:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi alami tubuh cenderung berubah seiring dengan perubahan musim. Saat cuaca dingin, tubuh lebih rentan terhadap pilek, flu, dan kondisi kesehatan lainnya yang bisa berujung pada ketidaknyamanan.


Untuk itu, orang membutuhkan penguatan sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan penyakit dan infeksi. Tentunya, perlu vitamin C  untuk meningkatkan imunitas.

2. Rahasia panjang umur

Peneliti dari Harvard University menemukan, jumlah porsi yang ideal untuk mengonsumsi sayur dan buah adalah lima porsi per hari. Lima porsi ini terdiri atas dua porsi buah dan tiga porsi sayuran.

Menurut studi terbaru yang mereka lakukan, konsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur per hari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Konsumsi porsi yang lebih banyak dari itu,tampak tidak berkaitan dengan semakin panjangnya harapan hidup.

3. Menghemat pengeluaran
Buah-buahan dan sayuran ditanam tersedia dalam jumlah banyak sehingga keseimbangan permintaan dan penawaran bisa terjaga.  Mengingat orang tak perlu berebut untuk mendapatkannya, harganya cenderung tetap rendah. 

Itu artinya, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa makan buah dan sayuran. Keuangan keluarga pun tidak terlalu terbebani.

4. Berkelanjutan
Buah dan sayuran musiman dapat ditanam dengan mudah baik secara lokal maupun dalam skala besar. Lingkungan produksi yang tidak terlalu diinduksi secara artifisial, lebih sedikit transportasi, dan persyaratan pendinginan yang lebih rendah membuat konsumsi buah dan sayuran musiman lebih berkelanjutan.  

5. Membuat tubuh segar
Buah dan sayuran musiman tersedia setelah baru dipanen. Itu dapat membantu mempertahankan nilai gizi dan kesegarannya. Buah-buahan dan sayuran musiman sering kali lebih segar dan matang hingga menambah rasanya secara signifikan.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • JPU Kejari Kuansing Resmi Lakukan Perlawanan Atas Putusan Hakim Membebaskan IAL
  • Polres Siak Tangkap 2 Orang Pengedar Sabu, 1 Orang DPO
  • Sisir Otak Pelaku, Densus 88: Penangkapan Terduga Teroris Disertai Bukti yang Cukup
  • Sita Rp8,95 Milliar Dari Kasus Anak Usaha BUMN, Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Tersangka
  • Erick Thohir Dorong BUMB Kolaborasi Pembangunan Infrastruktur Turis Lokal di Riau
  • Mau Disamakan Seperti FPI, Kader PP Riau Unjuk Rasa Minta Junimart Girsang Dicopot
  • Polres Siak Tangkap Pelaku Ilegal Logging, Diduga Babat Cagar Biosfer Giam
  • Bupati Siak Hadiri Peresmian Markas Kodim 0322/Siak
  • Dua Camat Diprediksi Duduki Kursi Kadis di Pemko Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index