Ingin Usung Kader Sendiri, PAN Lempar Wacana Airlangga-Zulhas di Pilpres 2024

Ingin Usung Kader Sendiri, PAN Lempar Wacana Airlangga-Zulhas di Pilpres 2024
Koalisi KIB/F: Dok.DPP Golkar

 

LIPO - Skenario kemana langkah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar masih menjadi teka-teki. Pasalnya rumor baru bergulir jika PAN ingin usung duet Airlangga dan Zulhas di pilpres 2024.

Hal ini dibenarkan oleh Wasekjen PAN Fikri Yasin tentang duet keduanya karena keinginan kader masing-masing parpol mengusung kadernya sendiri.

"Ya sejauh ini memang potensi capres dari kita cenderung ke Prabowo atau Ganjar Pranowo. Tapi, dalam rapat internal kemarin malam kader-kader menghendaki kita mengusung sendiri yaitu koalisi dengan Golkar, tentu Ketua Umum Golkar sebagai capres dan Ketua Umum PAN sebagai cawapres," kata Fikri kepada wartawan, Kamis (25/5/2023).

Untuk itu, rencana tersebut masih akan terus digulirkan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hingga masing-masing parpol menyatakan dukungan pada kandidat yang diusung. 

"Semua itu memang sedang kita godog mana yang paling mungkin skenario yang akan kita jalankan. Ya karena PPP sudah lebih dahulu menentukan pilihan ya nggak apa-apa, maka kita ngajak Golkar yang belum ada pilihan," jelasnya.

Hal lain menurut Fikri karena akan ada indikasi lebih dari 2 pasangan calon (paslon) terjadi di pilpres mendatang. Sehingga dirasa perlu menyiapkan skenario 2 putaran bersama Golkar.

"Ya karena capresnya berpotensi lebih dari 2 pasang, maka kita menyiapkan skenario 2 putaran. Itulah kenapa kita memikirkan nyalon dengan Golkar sendiri. Tapi semua lagi sedang kita jajaki mana skenario yang paling mungkin," tukasnya. (*16) 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index