Rabu, 27 Mei 2020
Follow:
 
Tak Nyaman Dengan Ujaran Netizen, Aktivis Lapor Polisi

elfi | Hukrim
Sabtu, 19/10/2019 | 12:52:53 WIB
TELUK KUANTAN, LIPO - Sejak UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) hadir, pengguna media sosial banyak yang khawatir. Undang-undang ini pada awalnya untuk melindungi kepentingan Negara, publik, dan swasta dari kejahatan siber (cyber crime). Saat itu ada 3 pasal mengenai defamation (pencemaran nama baik), penodaan agama, dan ancaman online.

Dengan UU ITE juga terbuka peluang bagi yang merasa dirugikan (korban) melaporkan pihak-pihak yang dianggap merugikan pihak lainnya.

Dengan dasar UU ITE ini juga lah salahsatu aktivis Khairul Iksan Chaniago (29 th) asal Kuantan Singingi (kuansing) membuat laporan ke Polres Kuansing terkait dugaan ujaran-ujaran yang dianggap merugikan dirinya di medsos. Tak tanggung-tanggung, pemuda yang terbilang kritis dan vocal ini melaporkan delapan akun di Facebook (fb) sekaligus ke Polisi. Kamis (17/10/19).

Menurut Khairul Iksan Chaniago (KIC), alasan dirinya melaporkan akun-akun tersebut karena hampir sebulan ini dituding oleh beberapa akun di facebook sebagai pelaku pengeroyokan yang terjadi di Teluk Kuantan yang terjadi awal bulan lalu. Sehingga, dirinya sangat merasa tidak nyaman dan memutuskan menempuh jalur hukum untuk meyelesaikan.

"hampir sebulan ini saya dituduh beberapa akun facebook sebagai pelaku pengeroyokan yang terjadi di Taluk Kuantan awal bulan lalu, saya sangat merasa tak nyaman dan merasa dirugikan," tuturnya. 

 
Khairul Iksan Chaniago menuturkan, tudingan-tudingan yang ditujukan kepada dirinya ada yang berupa video, photo, hingga narasi-narasi seakan-akan dirinya tersangka pelaku pengeroyokan. Bahkan kata Khairul, akun-akun tersebut dinilainya sudah seperti buzzer.

"Vidio pengeroyokan disebar, poto saya ditampilkan dengan membangun narasi bahwa saya tersangka pelaku pengeroyokan.Yang keterlaluan beberapa akun bertingkah seperti buzzer yang memang seperti sengaja ingin menghancurkan martabat dan kredibilitas saya," ujarnya lagi.

Tak nyaman dan kehabisan kesabaran oleh ulah akun-akun yang duga telah melakukan ujaran tak pantas di medsos tentang dirinya, akhirnya Khairul Iksan Chaniago melaporkan ke pihak kepolisian. 

"kamren saya putuskan untuk membawa persoalan ini keranah hukum, saya melaporkan 8 akun facebook berdasarkan pelanggaran UU ITE Pasal 27 tentang pencemaran nama baik. Saya tidak mau berdiam diri lagi. Kalau saya diam seolah-olah membenarkan tudingan beberapa akun tersebut. Tadi malam baru 8 akun facebook saya laporkan, bisa jadi bertambah tergantung pengembangan nantinya," kata Khairul Iksan Chaniago ke awak media liputanoke.com, Jumat (18/10/19).


Saat ditanya inisial akun-akun di facebook yang dilaporkan ke Polres Kuansing, Khairul Iksan Chaniago enggan untuk sementara membeberkan ke publik.

"kalau nama akun-akun nya, saya telah sampaikan ke Reskrim, untuk sementara saya tak publis dulu, saya serahkan prosesnya ke pihak Polres," ujarnya lagi.

Terpisah, saat ditanyakan kepada Paur Humas Polres Kuansing Ipda L Tobing, terkait pengaduan atas dugaan pencemaran nama baik di medsos, Tobing menjelaskan laporannya belum ada di register Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), dan berkemungkinan masih dalam proses di Reskrim.

"belum ada ter register di SPKT, mungkin masih proses di Reskrim, karena itu wewenang Reskrim," jelas Ipda L Tobing. (lipo*3)



Berita Lainnya :
 
  • Sesosok Mayat Ditemukan dengan Kondisi Membusuk & Membengkak di Bawah Jembatan
  • Ratusan Kenderaan Dipaksa Putar Balik di Perbatasan Kuansing-Sumbar
  • Sembuh Lagi 10 orang, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Riau Telah Mencapai 68,5%
  • Bagi yang Mudik, Bila Kembali ke Riau Harus Lengkapi Diri dengan Surat Keterangan Sehat Bepergian
  • Gubri Syamsuar Usulkan Tiga Daerah Aman Covid-19
  • Pasca Libur Lebaran, Bupati Wardan Sapa Camat se-Inhil
  • Tingkatkan Hasil Pertanian, STII Inhil Serahkan Bantuan Sprayer dan Pupuk kepada Poktan Tanjung Jaya
  • Hingga Saat ini Gubri Syamsuar Belum Terima Laporan ASN & THL yang Mudik
  • Gubri Syamsuar Lakukan Sidak Dihari Pertama Masuk Kerja ke Sejumlah OPD
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index