Promosikan Hutan Mangrove dan Dataran Rawa, Disparporabud Inhil Gelar JES 2019

Promosikan Hutan Mangrove dan Dataran Rawa, Disparporabud Inhil Gelar JES 2019
Terlihat salah seorang pesepeda melewati rintangan
TEMBILAHAN, LIPO - Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bekerja sama dengan ISSI serta Komunitas Pesepeda GTC dan BRC akan menggelar iven Jelajah Ekowisata Solop (JES) 2019.

Kegiatan olahraga bersepeda tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Ahad 1 Desember 2019 nanti dan diikuti pesepeda dari berbagai daerah di kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

Untuk tahun ini, peserta dibatasi hanya 200 orang, dimana 82 orang berasal dari 10 komunitas sepeda di luar Kabupaten Indragiri Hilir antara lain dari Pekanbaru, Kuansing, Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hulu.

Para pesepeda akan memulai start dari Belingkas Pulau Cawan hingga menyentuh garis finish di Pantai Solop. Dengan jarak tempuh 12 km melalui jalan tanah rawa gambut dan menyusuri hutan mangrove serta mengayuh sepeda menikmati keindahan Pantai Solop yabg eksotis. Yang lebih menantang para pesepeda akan melalui titian kayu lebih kurang 5 buah anak sungai. Dan ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk uji keseimbangan dan adrenalin peserta.

Iven JES tahun ini bertujuan mempromosikan kawasan Ekowisata Solop dengan Hutan Mangrove dan dataran rawa gambut yang memiliki keunikan dan tantangan tersendiri bagi para pesepeda. Hal ini bagian dari upaya ingin menjadikan beberapa titik kawasan gambut dan kawasan Hutan Mangrove Indragiri Hilir sebagai destinasi wisata yang dirangkai menjadi “Insular  Peatland Ecotourism of Inhil, South Riau”.

"Diharapkan potensi wisata yang dimiliki dapat dikembangkan baik keindahan alam, kekayaan flora dan fauna, keragaman budaya dan kuliner sebagai daya tarik wisata yang mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Indragiri Hilir," kata Kadisparporabud Inhil, Junaidy di Tembilahan, Jum'at 29 November 2019.(lipo*7)

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index