Senin, 28 September 2020
Follow:
 
Sikapi Aksi Intimidasi terhadap Wartawan di Pelalawan, Ketua PWI Riau Minta Polisi Usut Tuntas

elpi | Pelalawan
Kamis, 07/05/2020 | 19:29:42 WIB
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, H Zulmansyah Sekedang/ist
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, H Zulmansyah Sekedang, sangat menyayangkan tindakan salah seorang warga yang mengintimidasi wartawan terkait keberatan atas pemberitaan yang ditulis oleh wartawan yang juga anggota PWI Provinsi Riau di Kabupaten Pelalawan.

"Wartawan dalam bekerja mendapatkan perlindungan Undang-undang yakni UU Pers Nomor 40/1999 tentang pers. Saya yakin anggota PWI Provinsi Riau dalam bekerja juga sangat mentaati dan memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," kata Zulmansyah, Kamis (7/5/2020).

Dikatakan Zulmansyah, jika dalam suatu pemberitaan ada warga yang tidak senang dengan pemberitaan yang telah diterbitkan atau ditayangkan di sebuah media, maka sudah sepatutnya yang bersangkutan memberikan hak jawab.

"Jadi jangan sampai melakukan intimidasi. Andaikan dalam pemberitaan wartawan ada yang salah atau keliru, silakan menggunakan hak jawab atau hak koreksi. Itu sudh diatur dalam UU Pers," tegasnya.

"Nah jika wartawan sampai diintimidasi, diancam tentu bertentangan dengan Undang-undang dan berpotensi melanggar pasal-pasal pidana KUHP," sambungnya.

Untuk itu kata Zulmansyah, dirinya sebagai Ketua PWI Provinsi Riau sangat menyayangkan aksi intimidasi dan ancaman yang dilakukan oleh seorang warga di Kabupaten Pelalawan yang telah merugikan Febri Sugiono, wartawan salah satu media online.

PWI Riau meminta aparat kepolisian di Kabupaten Pelalawan dengan tegas mengusut intimidasi dan pengancaman terhadap Febri Sugiono.

"PWI Riau sangat keberatan dengan intimidasi terhadap wartawan, di mana pun itu. Apalagi yang bersangkutan adalah anggota PWI Riau. Untuk itu, kepada PWI di Kabupaten Pelalawan diminta memonitor dan mengawal proses hukum pengaduan wartawan Febri Sugiono," pungkasnya.(lipo*3/rls)




Berita Lainnya :
 
  • Dianggap Mengaburkan Sejarah G30S PKI, Ruangguru Diancam Dilaporkan ke Polisi
  • Lintas Alam Group Sumbangkan Costum Buat Group Bunga Seroja
  • KLHK Bantu Pemulihan Ekonomi Riau Melalui Program Padat Karya Mangrove
  • Pengen Punya Keturunan? 8 Kebiasaan Yang Perlu Dihindari Biar Ngak Mandul
  • Setelah Katahuan Mendua, Atlet Bola Ditargetkan Mati Oleh Istrinya Sendiri Demi Harta Warisan
  • Kapolres Inhu Kunjungi Posko Cakada, Serahkan Buku Panduan Protokol Kesehatan Covid-19
  • Rencana DLHK Sulap Tahura Jadi Wisata Alam, Bisa Jadi Alternatif Tempat Liburan
  • Kejam! Sebelum Pengusaha Rental Meninggal, Ia Diduga Dianiaya, Diikat Trus Dibuang ke Sumur
  • Bertambah 203 Orang Positif Corona di Riau, 6 Meninggal Dunia
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index