Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Kodim 0314/Inhil Buat Lahan Demplot Pembinaan Ketahanan Pangan di Tembilahan Hulu

Elfi | Inderagiri Hilir
Jumat, 15/05/2020 | 14:08:45 WIB
Anggota Kodim 0314/Inhil saat melakukan penanaman bibit jagung
TERKAIT:
   
 
TEMBILAHAN, LIPO - Dalam rangka mengatasi Kebutuhan Pangan di Kabupaten Inhil yang di sebabkan pandemi Covid-19, Kodim 0314/Inhil membuat lahan demplot pembinaan ketahanan pangan dengan jenis variasi tanaman jagung seluas 1 hektar di Jalan Lintas Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Jum'at (15/5/2020).

Situasi pandemi Covid-19 akan berpengaruh kepada kebutuhan pangan khususnya di Kabupaten Inhil dengan situasi. Demikian, program ketahanan pangan sangat di butuhkan untuk mengantisipasi pandemi Covid-19. 

Kodim 0314/Inhil dengan upaya dan trobosan pembuatan lahan yang sekaligus percontohan kepada masyarakat menyiapkan lahan untuk ditanam  jagung dengan bibit unggul jagung hibrida Betras 8. Dipilihnya bibit ini karena dalam jangka waktu 3 bulan akan dapat menghasilkan buah serta perawatannya pun tidak sulit serta cocok di tanah wilayah Tembilahan. 

Babinsa Desa Pulau Palas, Ali Sabri dari Koramil 01/Tembilahan Kodim 0314/Inhil menyampaikan perkembangan tanaman ini akan dipantau terus, disamping tugas dan tanggung jawab sehari-hari. 

"Diharapkan tanaman jagung yang luasnya 1 hektar ini akan tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus serta memberi contoh kepada masyarakat.  Disamping menanam padi, masyarakat juga dapat menanam tumbuhan yang lain untuk membantu perekonomian masyarakat khususnya dalam situasi sekarang ini," tuturnya. 

Babinsa juga mengajak masyarakat agar bercocok tanam yang bernilai ekonomi untuk mengurangi pengeluaran dalam rumah tangga. 

Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal melalui Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Anwarsyah Siregar menyampaikan, upaya Kodim 0314/Inhil ini untuk mengantisipasi pandemi Covid-19, khususnya ketahanan pangan di Kabupaten Inhil. 

"Demplot jagung bibit unggul ini merupakan jagung hibrida dengan usia panennya selama 3 bulan, yang mana ini nantinya demplot jagung ini nantinya dapat menggugah hati masyarakat untuk turun ke sawah untuk bercocok tanam guna mencukupi kebutuhan pokok dan dapat dijual menjadi nilai ekonomis untuk menambah pendapatan masyarakat sehingga dampak pandemi Covid-19 yang sekarang terjadi tidak  berpengaruh besar kepada masyarakat," sebut Pasi Ter. 

Upaya Kodim 0314/Inhil ini juga mengajak masyarakat di Desa Pulau Palas agar menafaatkan lahan yang kosong seperti semak untuk dijadikan lahan bercocok tanam yang dapat menambah ekonomi masyarakat dan juga dapat membantu kebutuhan pokok sehari hari.

"Mari kita perangi pandemi Covid-19 dengan terus berupaya menaati anjuran pemerintah  serta membuat kegiatan yang dapat menambah pendapatan masyarakat serta memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk bercocok tanam yang dapat bernilai ekonomi," tandasnya.(rls)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index