Senin, 30 November 2020
Follow:
 
Kerjasama dengan Pihak Mesjid, Mahasiswa KKN DR Plus UIN Suska Riau Cegah Penyenbaran Covid-19

| Bandar Serai
Sabtu, 22/08/2020 | 16:33:55 WIB

TERKAIT:
 
 
LIPO - Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR PLUS 2020) UIN Suska Riau merupakan satu diantara bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa yang sifatnya online. Dikarenakan di tengah pandemi covid 19 maka UIN Suska Riau menerapkan KKN yang sifatnya Daring (online) selama 45 hari.

"Lokasi KKN ini bertempat di daerah dimana mahasiswa itu tinggal", ujar Riski Wahyudi selaku Mahasiswa KKN DR Plus UIN Suska Riau 2020.
 
"Untuk kelompok bisa di disesuaikan oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN yang berada di satu daerah", ucap Riski wahyudi yang dikutip dari perkataan Kepala LPPM UIN Suska Riau.
 
Di tengah pandemi covid 19 ini banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam hal melaksanakan ibadah, hasil pengamatan Riski Wahyudi di tempat KKN DR Plus.

"Masjid Nurul Hasanah merupakan tempat ibadah di RW 02 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dalam menyikapi wabah covid 19 ini pengurus masjid Nurul Hasanah membuat keputusan berdasarkan hasil rapat pengurus masjid Nurul Hasanah pada kondisi daerah berstatus zona kuning saat ini tentang mengaktifkan kembali fungsi masjid yang sebelumnya ditutup karena PSBB Kota Pekanbaru," terangnya.
 
Wawancara Riski Wahyudi dengan pengurus masjid Nurul Hasanah
Hasil keputusan rapat tersebut adalah masjid akan dibuka kembali dan melaksanakan kegiatan ibadah seperti biasanya dengan syarat jamaah wajib mematuhi protokoler kesehatan yang telah disepakati dalam keputusan rapat Masjid Nurul Hasanah.

"Meskipun sebagian di masjid lain berjalan seperti biasa tanpa menerapkan protokoler kesehatan, namun di masjid Nurul Hasanah tetap mengikuti aturan pemerintah dengan melaksanakan protokoler kesehatan", katanya.

Upaya yang dilakukan oleh Pengurus Masjid Nurul Hasanah untuk menangani penyebaran covid 19 ini, diantaranya yaitu:

Pertama, setiap melaksanakan sholat berjamaah, diwajibkan kepada jamaah untuk menggunakan masker dan sajadah sendiri dari rumah, khusus untuk hari jumat, jamaah akan di cek suhu tubuh menggunakan alat pengukur suhu tubuh.
 
"Jika ada jamaah yang suhu tubuhnya diatas 37 maka jamaah tersebut tidak diperkenankan untuk masuk kedalam masjid", ucap pengurus masjid

Kedua, pengurus masjid Nurul Hasanah tidak tanggung-tanggung dalam hal kebersihan pada situasi covid 19 ini, pengurus berkata kepada petugas kebersihan "maksimalkan semaksimal mungkin untuk kebersihan Masjid Nurul Hasanah".

"Biasanya satu kali dalam sehari pengurus minta kepada petugas kebersihan untuk membersihkan masjid dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari". Hasil wawancara Riski Wahyudi dengan pengurus masjid.

Ketiga, pengurus meminta kepada petugas umum Masjid Nurul Hasanah sebagai protokoler kesehatan atau mengingatkan ke jamaah setiap waktu agar mentaati peraturan sholat berjamaah di Masjid Nurul Hasanah.

"Bagi jamaah yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam masjid, dan silahkan sholat di teras masjid yang telah disediakan oleh pihak masjid", kata petugas umum masjid yang diumumkan sebelum sholat berjamaah dimulai setiap waktu sholat.

Keempat, pengurus Masjid Nurul hasanah membuat penandaan pembatasan jarak antar jamaah satu meter, Masjid Nurul Hasanah juga menyediakan masker cadangan bagi jamaah yang ketinggalan maskernya khusus hari jumat, dan juga menyediakan sabun pencuci tangan.

"Berdasarkan hasil rapat pengurus, jamaah di larang untuk membawa anak-anak yang berusia dibawah 13 tahun ke masjid", kata pengurus Masjid yang diumumkan waktu sholat jumat.

"Dan mahasiswa KKN khususnya di Masjid Nurul Hasanah juga ikut dalam membantu menyediakan seperti handsanitaizer dan juga penyemprotan disinsfektan di sekeliling masjid Nurul Hasanah". Kata Riski Wahyudi selaku mahasiswa KKN di RW 02 Kelurahan Tangkerang Barat.

"Para mubalig dan jamaah dari luar memberikan apresiasi kepada pihak Masjid Nurul Hasanah atas upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak masjid dalam menangani penyebaran covid 19 ini dan konsistennya masyarakat atau jamaah dalam mengikuti protokoler kesehatan". Ujar ketua masjid

"Ketua masjid berdoa dan berharap agar semua masyarakat dan jamaah khususnya di Masjid Nurul Hasanah diberi kesehatan oleh Allah dan  dijauhkan dari segala macam penyakit," Akhir ucapan Ketua Masjid Nurul Hasanah.(*1)



Berita Lainnya :
 
  • LPPM UNRI Desain Masreplan Ruang Terbuka Hijau Desa Lambang Sari INHU
  • Kejati Riau Usut Perkara Dugaan Bagi-bagi Proyek di Kabupaten Bengkalis
  • Sukseskan Pengamanan Pilkada Tahun 2020, Polres Siak Gelar Simulasi Sispamkota
  • Bawaslu Gandeng Komunitas & Pemilih Pemula Sosialisasikan Pengawas Pilkada Kuansing 2020
  • Polres Pelalawan Usut Temuan 51 Paket Sembako Milik Salah Satu Paslon
  • Tinggalkan RS Lewat Belakang, HRS Layangkan Sepucuk Surat Pernyataan Terkait Hasil Swab
  • Susi Pudjiastuti Menangis, Sebut Indonesia Satu-satunya Penjual Bibit Lobster di Dunia
  • PKB Solid Dukung KDI, Sugianto: Bohong, Akar Rumput PKB ke KBS
  • Kasus Covid-19 di Riau 29 November: 173 Positif, 196 Sembuh, dan 6 Meninggal
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index