Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa hangat pada makanan. Kayu manis ternyata memiliki kasiat yang sa " />
Selasa, 31/10/2017
Follow:
 
Kayu Manis Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Khasiatnya

elpi | Lifestyle
Selasa, 31/10/2017 | 06:27:17 WIB
Ilustrasi/int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Kayu manis lebih dari sekedar bumbu yang bisa menambah rasa hangat pada makanan. Kayu manis ternyata memiliki kasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Berikut ini dilansir dari Insider, Sabtu (17/10), ada empat manfaat kayu manis yang didukung secara ilmiah dan tip untuk memasukkan bumbu ke dalam makanan.

Kandungan antioksidan paling besar

Menurutahli gizi diet terdaftar (RDN) dengan Institute for Integrative Nutrition, Sheri Vettel, antioksidan memerangi radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang berasal dari luar, seperti polusi dan proses alami tubuh seperti pencernaan. Ketika terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh, maka bisa terjadi stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Mengurangi peradangan
Peradangan adalah bagian dari respons sistem kekebalan alami tubuh dan dalam beberapa kasus hal itu berguna. Tapi, bila peradangan menjadi berkepanjangan atau kronis, itu dapat menyebabkan kondisi seperti penyakit jantung dan radang sendi.

Mengurangi peradangan dapat menurunkan risiko penyakit tersebut dan membantu mengelola gejala yang berhubungan dengan peradangan, seperti nyeri.


Mengelola diabetes tipe 2
Banyak penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Tapi ada beberapa bukti yang bertentangan tentang seberapa efektif kayu manis dalam mengendalikan kadar gula darah, jadi bicarakan dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai pengobatan diabetes.


Turunkan kadar kolesterol
Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat mengendap pada pembuluh darah dan membangun plak di arteri, sehingga mengurangi aliran darah dan menurunkan suplai oksigen ke organ vital, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Cara mengkonsumsi kayu manis sendiri bisa dilakukan dengan memasukkan ke dalam teh atau kopi atau juga di masak dengan kari. Dosis umum kayu manis untuk membantu mengelola diabetes adalah sekitar satu hingga dua gram sehari atau setengah sendok teh.

Namun, tidak boleh menggunakan kayu manis untuk mengobati diabetes tanpa panduan medis. Jika Anda mempertimbangkan suplemen kayu manis, bicarakan dengan dokter Anda, karena mengonsumsi terlalu banyak kayu manis dapat berbahaya bagi hati Anda.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Ini Manfaat Ubi Bagi Kesehatan Usus Hingga Penglihatan
  • Irjen Napoleon Bonaparte 'Seret' Nama Kabareskrim dan Azis Syamsuddin di Persidangan
  • KPK Minta Cakada Jujur Laporkan Sumbangan Kampanye
  • Menang 4-0, Barcelona Melenggang ke 16 Besar Liga Champions
  • Hari Ini, Gubernur Riau Terima DIPA dari Presiden Jokowi Secara Virtual
  • Calon Wali Kota Dumai Eko Suharjo Meninggal Setelah Sempat Positif Covid-19
  • Kadis Dikdukcapil Langsung Bagikan e-KTP ke Rumah Warga
  • Bantah Soal SK Jabatan, Terdakwa Baharudin Juga Ngaku tak Tahu Adi Sukemi Cabup Pelalawan
  • Pagi Dijemput Polisi, Malam Harinya Ketua FPI Pekanbaru Dijadikan Tersangka
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index