Selasa, 31/10/2017
Follow:
 
Viral Desain Masker Jailani Putra Kuansing Terpampang di Pesawat Garuda Indonesia

elpi | Kuantan Singingi
Selasa, 31/10/2017 | 06:31:42 WIB
Jailani (32) pemuda Desa Koto Baru, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing/ist
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Jailani (32) pemuda Desa Koto Baru, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau, menoreh prestasi atas karyanya dalam kompetisi Fly Your Design Through The Sky yang ditaja Garuda Indonesia. 

Perusahaan maskapai plat merah tersebut, mengajak para desiner komunikasi visual, untuk berkreasi dalam menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker, dengan membuat desain masker pesawat Garuda Indonesia.

Desain yang ditentukan cukup unik, harus berdasar pada masker berpola yang ditempelkan di hidung pesawat disertai tulisan "Ayo Pakai Masker" di kiri dan kanan badan pesawat. Desain masker ini dibuat untuk dipampang di hidung pesawat Boeing 737-800NG dengan template dan palet warna yang diberikan Garuda Indonesia. 

Kepada mediacenter.riau Jailani mengatakan, ia tidak menyangka, karyanya menjadi viral di media sosial, bahkan mendapat apresiasi dari Gubernur Riau H Syamsuar, dan dari masyarakat Riau. 

Dalam karya desainya, Jailani memilih konsep pariwisata yang meliputi kekayaan alam, seni, ataupun budaya yang saat ini terkena dampak pandemi. 

"Pandemi yang berdampak pada pariwisata dan kekayaan-kekayaan indonesia, saya rasa sesuai untuk diangkat ke desain masker yang kita gunakan untuk melawan pandemi tersebut," kata Jailani, Jumat (06/11/2010). 

"Saya mencoba angkat menjadi desain ilustrasi kolase dalam bentuk masker livery pesawat, dengan maksud walau saat ini kita terbatas untuk menikmati kekayaan-kekayaan tersebut, kita tetap harus ingat bahwa mereka adalah kebanggan negeri," katanya lagi. 

Jailani menjelaskan, dalam karyanya, ia memilih format format landscape. Karena dari pihak garuda menyediakan blueprint pesawatnya untuk disesuaikan.

"Proses produksinya dikerjakan dalam satu hari. Namun, menurutnya lumayan menguras ide, tenaga dan waktu saja, serta deadline yang lumayan mendesak dan banyak objek dan ilustrasinya yang detail," Jailani menjelaskan. 

Alasan Jailani mengikuti kompetisi itu karena ia tertarik ke mediumnya. Selama ini ia hanya membuat karya sebatas di komputer/digital, atau di kertas.

"Sepertinya keren banget kalau desain saya bisa dijadiin livery pesawat, makanya kemaren pengen ikut lombanya," ucap Jailani yang juga Alumni Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat, Jurusan Desain Komunikasi Visual, angkatan 2008 lalu. 

Rasa senang dan bangga larut, ketika pemuda dari kuansing tersebut mendengar kabar bahwa Garuda Indonesia memilih karyanya. Ia pun diundang pada acara pembukaan kampanye kegiatan tersebut. 

"Sekitar sebulan yang lalu, dari pihak Garuda hubungi saya dahulu, sebelum diumumkan (karena harus dicat dulu liverynya sebelum diumumkan). Senang tentunya, waktu itu juga diundang ke acara opening campaignnya. Keluarga saya juga sangat senang mendengar kabarnya, teman-teman juga banyak yang ngasih selamat," ujar Jailani yang kini berprofesi sebagai Art director di salah satu advertising agency di Jakarta. 

Selama 12 tahun, sejak kuliah hingga saat ini Jailani menjadi perantau di Ibu Kota Jakarta.  Karya-karya desain komunikasi visual yang ia buat yakni, branding, logo, poster, publishing design, ilustrasi, digital, dan lainnya, sesuai projek yang ia terima. 

Menurutnya menjadi pekerja seni di bidang desain komunikasi visual lebih ke passionya. Karena sejak sedari kecil Jailani sudah menyukai hal-hal terkait seni dan desain. 

"Jadi emang coba kejar di bidang itu. Pengalamannya lumayan banyak manis pahitnya. seperti stereotype pekerja kreatif yang selalu overworked sering lembur dan begadang, cuma dibawa enjoy aja karena emang passionnya di bidang ini," pungkas Jailani. 

Prestasi Jailani menuai tanggapan dari Gubernur Riau, H Syamsuar. Ia menyampaikan, kabar ini adalah inspirasi dan kabar baik di tengah pandemi.

"Saya mendapat kabar baik. Desainer muda asal Desa Koto Baru, Kec.Singingi Hilir, Kuansing, Riau, Jailani memenangkan lomba Garuda Indonesia," sebut Gubernur Riau. 

"Gambar hasil karyanya berjudul 'Indonesia Pride' akan dipajang di depan pesawat Garuda. Karyanya terpilih karena menggambarkan kekayaan budaya dan wisata di Indonesia. Kreatifitas seperti ini adalah inspirasi dan kabar baik di tengah pandemi. Saya yakin sekali banyak kreatifitas lainnya, bukti bahwa anak Riau hebat," kata Gubernur Riau.(lipo*3/mcr.go.id)



Berita Lainnya :
 
  • Hampir Sebulan Dibawa Kabur Abang Iparnya, Pelajar SLTP Empat Kali Digenjot
  • Ini Manfaat Ubi Bagi Kesehatan Usus Hingga Penglihatan
  • Irjen Napoleon Bonaparte 'Seret' Nama Kabareskrim dan Azis Syamsuddin di Persidangan
  • KPK Minta Cakada Jujur Laporkan Sumbangan Kampanye
  • Menang 4-0, Barcelona Melenggang ke 16 Besar Liga Champions
  • Hari Ini, Gubernur Riau Terima DIPA dari Presiden Jokowi Secara Virtual
  • Calon Wali Kota Dumai Eko Suharjo Meninggal Setelah Sempat Positif Covid-19
  • Kadis Dikdukcapil Langsung Bagikan e-KTP ke Rumah Warga
  • Bantah Soal SK Jabatan, Terdakwa Baharudin Juga Ngaku tak Tahu Adi Sukemi Cabup Pelalawan
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index