Selasa, 31/10/2017
Follow:
 
5 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan, Salah Satunya Maia Estianty

elpi | Hiburan
Selasa, 31/10/2017 | 06:47:54 WIB
Maia Estianty /int
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan Nasional pada 10 November. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang kembali para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Jika ditilik dari sejarahnya, Hari Pahlawan ditetapkan melalui Keppres No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Sebab di tanggal yang sama tahun 1945 terjadi Pertempuran Surabaya, di mana tentara dan milisi Indonesia pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda. 

Bicara tentang Hari Pahlawan, rupanya ada beberapa selebriti Tanah Air yang merupakan keturunan para pahlawan Indonesia. Siapa saja mereka? Simak daftarnya seperti dirangkum pada Selasa (10/11/2020). 

1. Maia Estianty 

Di urutan pertama ada Maia Estianty. Musisi yang kini sibuk menjadi juri Indonesian Idol tersebut merupakan keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia, Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, atau lebih dikenal dengan nama HOS Cokroaminoto. 

Dia merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam. Garis keturunan ini didapatkan Maia Estianty dari sang ayah, Haryono Sigit, di mana ibu dari ayahnya tersebut merupakan anak HOS Cokroaminoto. 

2. Asri Welas 

Selanjutnya ada Asri Welas. Siapa yang menyangka bahwa aktris Asri Welas merupakan keturunan dari Pangeran Diponegoro. Pemain film Cek Toko Sebelah ini rupanya keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro. 

Seperti yang kita tahu bahwa Pangeran Diponegoro adalah salah seorang pahlawan yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode tahun 1825 hingga 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda. 

3. Dian Sastrowardoyo 

Berikutnya, ada Dian Sastrowardoyo, yang kita tahu merupakan keturunan dari salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, yaitu Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. 

Sunario merupakan satu-satunya tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional yakni Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II. Aktif sebagai pengacara, Sunario juga  membela para aktivis pergerakan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda. 

4. Dewi Yull 

Di urutan ke-empat, ada Dewi Yull yang berkiprah di dunia hiburan sebagai penyanyi sejak 1977. Tetapi tak banyak diketahui bila pelantun lagu ‘Widuri’ ini ternyata cicit dari RM Tirto Adhi Soerjo. Tirto Adhi Soerjo merupakan seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. 

Dia dikenal sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia. 

5. Karina Salim 

Terakhir, ada Karina Salim yang merupakan keturunan seorang pahlawan. Dia adalah salah satu cucu dari Haji Agus Salim yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Haji Agus Salim tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Serahkan Mesin Untuk Nelayan Inhu, Abdul Wahid: Subsidi Gas Untuk Masyarakat Miskin Ditambah 2021
  • Gubri Sudah Teken, 7 Kabupaten Kota Naikkan UMK, 5 Daerah Tidak Naik
  • Kemenag Usul Beli Vaksin Covid-19 Buatan Saudi Demi Kelancaran Haji
  • 346 Warga Binaan Lapas Pekanbaru Sudah Sembuh dari COVID-19
  • Ini Cara Meracik Minuman Jamu hingga Kunyit Jadi Lebih Modern
  • Seleksi Calon PPPK Tenaga Guru Untuk 1 Juta Formasi Dibuka, Ini Kriteria yang Boleh Daftar
  • Penipu! Nama Abdul Wahid Digunakan untuk Minjam Uang, Kalo Dijapri Mohon Diabaikan Ya!
  • Kejati Riau Periksa Setdakab Inhu Terkait Adanya Temuan BPK
  • Temukan Barang Bukti dalam Jacket, Polisi Amankan Satu Pelaku
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2020 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index