Senin, 1 Maret 2021
Follow:
 
Ini Jurus Trenggono-Sandiaga Kembangkan Wisata Bahari RI

elpi | Travelling
Selasa, 16/02/2021 | 09:04:08 WIB
Menteri KKP dan Sandiaga Uno /okz
TERKAIT:
 
 
JAKARTA, LIPO - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung penuh pengembangan wisata bahari Indonesia dalam rangka membantu pemulihan ekonomi di sektor tersebut yang terganggu akibat pandemi Covid-19.

Trenggono optimistis wisata bahari menjadi pilihan utama masyarakat sebab lokasi yang ditawarkan berada di area terbuka. Sehingga aman bagi pelancong yang berwisata di masa pandemi seperti sekarang.

Hal ini disampaikan Trenggono saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin 15 Februari 2021 kemarin.

"Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

KKP memiliki pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Kemudian ada juga kapal-kapal tidak terpakai yang dapat dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

Pengemasan destinasi wisata ini, lanjutnya, harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan supaya hasilnya tidak hanya pertumbuhan ekonomi masyarakat tapi juga terjaminnya keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.

"Di beberapa titik kita punya kapal yang bisa diupgrade untuk jadi restoran apung. Tapi jangan mass, yang khusus saja. Misal hanya untuk menampung 25 orang," jelasnya.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pemanfaatan hutan mangrove sebagai destinasi wisata pesisir. Bila dilengkapi dengan beragam atraksi menarik, dia yakin wisata mangrove bisa menjadi pilihan masyarakat.

Dalam pengembangan wisata bahari mangrove ini, tambah Trenggono, dapat pula menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga area yang dimanfaatkan bisa lebih luas.

"Dari mangrove ini juga bisa ada turunan-turunan ekonomi kreatif yang dihasilkan. Pokoknya kami siapkan dari Sabang sampai Merauke. Kita dukung penuh," tutur dia.

Sementara itu, Sandiaga Uno mengaku akan menyiapkan skema untuk menghidupkan lokasi-lokasi wisata bahari di Indonesia. Dia yakin, dengan adanya dukungan dari KKP, sektor pariwisata ini bisa menggeliat.

"Kita mau all out garap wisata bahari, mau kolaborasi," tandas Sandi.(lipo*3/okz)




Berita Lainnya :
 
  • Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
  • Patroli Bhabinkamtibmas & MPA Temukan Gumpalan Asap
  • Dukungan KLHK Untuk Operasi Udara Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau
  • 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak, Ini Pesan Alfedri
  • Pelaku PETI di Benai Ngacir Berenang Seberangi Sungai Lihat Petugas Datang
  • Cevron Akui Minyak Tumpah di Laut Dumai Akibat Pipa Bocor, Pastikan Bukan Limbah
  • Ribuan Tim Satgas Darat Disiapkan Untuk Antisipasi Karhutla
  • Jalin Kerjasama, AAI dan PWI Riau Teken MoU Bantuan Hukum
  • Hari Ini Pemprov Riau Laksanakan Vaksinasi Massal Tahap Kedua
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index