Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
DLH Inhu Ungkap Temuan di PT SSS Terkait Limbah Aliri Sungai

Elfi | Inderagiri Hulu
Selasa, 02/03/2021 | 23:12:05 WIB
Kepala Dinas DLH Inhu, Ir. Selamat/LIPO
TERKAIT:
   
 
RENGAT, LIPO - Teka teki terkait adanya dugaan limbah mengaliri sungai di Lubuk Batu Jaya (LBJ), Inhu, Riau, perlahan mulai terkuak. 

Berdasarkan keterangan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), bahwa sampel yang diambil Gakkum KLHK di Sungai Lubuk Batu Jaya (LBJ), Pabrik PT Sanling Sawit Sejahtera (SSS) diduga keluarkan limbah.

Kepala Dinas DlH Inhu Ir. Selamat mengatakan, limbah yang dialirkan ke sungai merupakan limbah dari tumpukan Jangkos, bukan dari Ipal. Dan dijelaskannya, saat ini perusahaan sudah memperbaiki tumpukan Jangkos nya agar disaat hujan turun tidak mengaliri aliran sungai.

"Dari hasil sampel yang diambil Gakkum berita acara sudah keluar, itu limbah Jangkos bukan limbah dari Ipal, limbah mengalir saat hujan turun maupun air naik.  Makanya air tampak berminyak. Kalau pabrik PT SSS sendiri memiliki 14 kolam penampung limbah Ipal dan 7 yang baru terisi, pengelolahan limbahnya sudah bagus," Jelas Kepala Dinas DLH Inhu,(02/03/2021).

Terkait adanya temuan ikan mati mengapung di sungai tersebut apakah disebabkam oleh limbah perusahan, dikatakan Selamat, masih menunggu hasil laboratorium di Pekanbaru.

"Kalau sampel hasil yang kita ambil kemarin belum keluar, saat ini anggota sedang di Pekanbaru mengecek hasilnya," Ungkapnya lagi.

Ketika ditanyakan kepada Kepala Dinas, apakah PT SSS memiliki labor pengecekan limbah tersendiri, Ir. Selamat menjelaskan tidak ada, hanya memiliki Tenaga Ahli Lingkungan saja.

Disisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan DLH Inhu, Joni Maryanto, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, dirinya mengaku sedang Dinas di Pekanbaru.

"Saya sedang di Pekanbaru, Sampel sudah di kirim ke Labor. Kita tunggu saja 1 atau 2 Minggu kedepan, baru nanti hasil kita verifikasi untuk mengetahui kandungannya," tutup Joni Maryanto. (*15)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index