Minggu, 18 April 2021
Follow:
 
KPU Inhu Gelar Rapat Koordinasi & Sosialisasi Jelang PSU Pilkada 2020

Elfi | Politik
Sabtu, 03/04/2021 | 20:51:06 WIB

TERKAIT:
 
 
RENGAT, LIPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, gelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan pemungutan suara ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu, tahun 2020 pasca putusan Mahkamah Konstitusi.

Rapat dilaksanakan di Aula KPU yang dihadiri langsung oleh PJ Bupati Inhu Chairul Rizki, Ketua KPU Inhu Yeni Mairida,S.E.,M.M, Dandim 0302 Inhu diwakili Kapten infanteri PT Situmorang mewakili Dandim, Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal S.I.K, Bawaslu Inhu, Kabag Tapem, Kesbang Pol dan para paslon Bupati dan Wakil Bupati.

Usai keputusan MK nomor 93/PHP.BUP-XIX/2021 yang dalam amar putusannya pada pokok permohonan kedua menyatakan batal berlaku, maka KPU Inhu diminta untuk melakukan pemungutan suara setelah putusan MK di Satu TPS 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal dalam waktu paling lama 30 hari setelah putusan MK.

"Untuk menghadapi PSU, kami tidak semudah itu melaksanakan PSU. Namun harus mempersiapkan tahapan dari awal sampai akhir dan kami juga akan menganti semua petugas penyelenggara di TPS 3 Desa Ringin," Jelas Ketua KPU Inhu Yeni Mairida,S.E, 2 April 2021.

Dalam hal ini, Yeni juga mengatakan, pembentukan petugas KPPS dan PPS kurun waktu 14 hari kerja. KPU juga mensosialisasikan peserta pemilu kepada seluruh masyarakat di TPS 3 Desa Ringin.

"Sosialisasi akan kami lakukan dan akan memasang sepanduk di lokasi TPS 3, karena dalam pelaksanaan PSU tidak ada lagi Kampanye maupun Penyampaian Visi dan misi dari paslon maupun tim sukses," Kata Yeni dalam Rapat.

Untuk jumlah surat suara yang ada di TPS 3 Desa Ringin dengan jumlah 324, antara lain sebagai rincian Daftar Pemilih Tetap (DPT) 307, Daftar Pemilih Pindahan yang selanjutnya (DPPh) 0 dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 17. Sedangkan hak suara pada tanggal 9 Desember 2020 adalah 233.

"Jika nanti ada pemilih tambahan DPTb selain dari 17 orang, meskipun memiliki KTP ingin menggunakan hak suara pada PSU, tidak bisa lagi. Kami hanya menerima nama-nama yang ada didalam daftar hadir pada tanggal 9 Desember 2020 lalu," Ucap Ketua KPU Inhu.

Dalam Sambutan PJ Bupati Inhu Chairul Rizki menjelaskan, salah satu tugas diri nya di Inhu adalah menjalankan serta memantau agar PSU aman, lancar dan tentram.

"Kemarin kami sudah meninjau TPS 3 di Desa Ringin, mudah-mudahan nanti KPU dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dan tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak di inginkan," Jelas PJ Bupati.
 
Disisi lain Kapolres Inhu Akbp Efrizal S.I.K saat memberikan arahan, dirinya mengatakan agar pelaksanaan PSU nantinya dilaksanakan dengan Jujur, Bersih dan aman. Saat ini, di TPS 3, Pihak polres inhu sudah mempersiapkan personil Gabungan TNI, Polri dan Sat Pol PP. Ini bertujuan agar pelaksanaan PSU aman, tidak ada Manoy politik dan sebagainya.

"Tidak ada lagi sengketa di MK, mudahan PSU dilaksanakan sebaik mungkin. Tujuan personil di TPS 3 untuk menghindari maupun pencegahan terjadinya money politik serta tidak ada lagi kampanye dilokasi tersebut," jelas Kapolres Inhu. (*15)



Berita Lainnya :
 
  • Pemprov Riau Sebut Efisiensi Anggaran Rp36 Miliar dari Tender 58 Paket Kegiatan
  • Messi Cetak Sejarah, Kedua Terbanyak Peroleh Trofi
  • Hadirkan Konten Video Vision+ Original Series hingga Live TV Nasional di Aplikasi MAXstream
  • Jozeph Paul Tantang Bagi yang Bisa Laporin ke Polisi Diberi Hadiah, NU Bereaksi Keras
  • Polisi Peraih Pin Emas Himbau Jama'ah Salat Tarawih Tetap Waspada
  • Pj Sekdaprov Riau Larang ASN Mudik
  • Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak & PT BSP Serahkan Bantuan Sembako
  • Bupati Siak Lantik Bapekam Perawang Barat & Pinang Sebatang Barat
  • Doni Monardo: Dilarang Mudik Bukan Berarti Sebelum Tanggal 6 Mei Boleh Mudik
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index