Jumat, 25 Juni 2021
Follow:
 
Suka Makan Semangka, Ini 4 Kebaikan yang Bisa Didapat

elpi | Lifestyle
Selasa, 11/05/2021 | 06:36:07 WIB
Semangka/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Buah lezat yang cukup banyak digemari banyak orang adalah semangka. Selain enak, semangka juga mengandung banyak air dan manis rasanya, bikin ketagihan memakannya.

Semangka berasal dari tanaman merambat. Semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, melon, dan mentimun. Semangka biasa dimakan buahnya begitu saja atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Semangka yang tinggi kandungan air terasa sangat menyegarkan dan mampu menghidrasi tubuh ketika dikonsumsi.

Selain kandungan air yang tinggi, semangka juga tinggi vitamin C, vitamin A, serta banyak senyawa tanaman sehat lainnya yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Di antaranya ada kalium, magnesium, karotenoid, likopen, hingga cucurbitacin E atau senyawa tanaman yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Melalui kandungan sebanyak tersebut, semangka mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia. Apa saja? Berikut rinciannya, sebagaimana dilaporkan laman Healthline.

1. Baik untuk kulit dan rambut

Dua vitamin dalam semangka yakni A dan C penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh membuat kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan rambut kuat. Kemudian vitamin A penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup , kulit bisa terlihat kering dan bersisik.

2. Mencegah kanker

Manfaat mengejutkan pertama dari buah semangka adalah dapat membantu mencegah kanker. Menurut sejumlah penelitian, hal ini lantaran kandungan likopen pada semangka yang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker. Selain itu, kandungan cucurbitacin E juga telah diteliti kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Saat puasa badan biasanya akan mengalami dehidrasi, atau kekurangan cairan. Memperbanyak minum, atau mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka dapat mengurangi rasa haus.

Jenis buah ini memiliki banyak kandungan air, rasanya manis dan saat disantap rasanya segar. Semangka mengandung 90 persen air, mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas.


Selain itu, semangka juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Dikutip dari laman Health Line, ini tiga manfaat buah semangka untuk kesehatan Anda.

Pencegahan Asma

Beberapa ahli percaya bahwa radikal bebas, memicu terjadinya asma. Keberadaan antioksidan tertentu di paru-paru, termasuk vitamin C dapat mengurangi risiko asma yang menyesakkan.

Namun penelitian belum memastikan, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mencegah asma, tetapi pola makan yang kaya vitamin C mungkin menawarkan perlindungan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah semangka.

Mengontrol Tekanan Darah

Dalam sebuah studi 2012 menjelang, para peneliti menemukan bahwa ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah di dalam dan sekitar pergelangan kaki orang paruh baya dengan obesitas dan hipertensi dini.

Peneliti menyarankan, bahwa L-citrulline dan L-arginine - dua antioksidan dalam semangka - dapat meningkatkan fungsi arteri. Likopen - antioksidan lain dalam semangka - dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Melancarkan Pencernaan

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, dan juga menyediakan serat di dalamnya. Nutrisi ini membantu meningkatkan kesehatan usus dengan mencegah sembelit, serta mendorong keteraturan buang air besar.(lipo*3/okz)



Berita Lainnya :
 
  • Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat untuk Penerimaan CPNS
  • Polres Siak Tangkap Pengedar Daun Ganja Kering
  • Sekdaprov Riau Minta OPD Gesa Realisasi DAK Fisik
  • Penguatan Literasi Kebijakan Perubahan Iklim Masyarakat Pulau Bengkalis
  • Dua Buronan Kejaksaan Agung Segera Dideportasi dari Singapura
  • Polda Sumut Amankan Pelaku Penembakan Wartawan
  • Ini Cara Pelaku Sektor Pariwisata Bertahan di Tengah Pandemi
  • Wabup Husni: Pemkab Siak Dukung Upaya KASN Selaraskan Tahapan Pengisian JPT Sesuai Aturan
  • Diduga Kuras Rekening Nasabah, Mantan Manager Bank BJB Pekanbaru Ditangkap Polisi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index