Rabu, 20 Oktober 2021
Follow:
 
Gulat PON Papua 2021 Ricuh, Ini Penyebabnya

elpi | Sport
Selasa, 12/10/2021 | 08:28:46 WIB
PON Papua/ist
TERKAIT:
 
 
MERAUKE, LIPO - Pertandingan olahraga body contact yang penilaiannya masih manual berpotensi memicu keributan. Wasit atau juri terkadang subyektif dalam memberikan penilaian. Biasanya cenderung menguntungkan bagi atlet tuan rumah. Namun hal sebaliknya terjadi di PON XX Papua.

Setelah kericuhan muncul di cabang tinju beberapa hari lalu, giliran gulat yang menimbulkan kehebohan. Selain terjadi baku hantam antara dua kubu, perlengkapan pertandingan seperti televisi menjadi sasaran keributan.

Kericuhan di arena gulat PON Papua terjadi saat partai Kalimantan Selatan melawan Papua pada kelas 74 kilogram yang memperebutkan perunggu pada Senin (11/10), sekitar pukul 18.15 WIT. 

Kericuhan pada arena gulat PON Papua terjadi di GOR Hiad Say Merauke. Kericuhan muncul setelah kontingen tuan rumah menganggap keputusan hakim juri tidak fair dan menguntungkan Kalimantan Selatan.

Kericuhan di dalam arena itu menimbulkan kerusakan sejumlah fasilitas, termasuk sebuah televisi yang digunakan sebagai layar penilaian. Kericuhan dapat reda setelah aparat menenangkan ofisial kontingen Papua. Usai kericuhan, kontingen Papua walkout. 

Pengurus Pusat Persatuan Gulat seluruh Indonesia (PPGSI) Gusti Randa menyebutkan tim Papua memilih walkout dan mengadukan indikasi kecurangan wasit ke Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI). 

“Ketidakpuasan dalam sebuah pertandingan adalah hal yang biasa. Penyelesaiannya tentu masing-masing pihak dapat menerima, agar pertandingan dapat dilakukan. Catatan PGSI, pertandingan tersebut dimenangkan secara walk out, karena tim Papua tidak mau bertanding,” jelas Gusti kepada wartawan di Merauke. 

Gusti menyambut baik jika tim Papua mengadukan persoalan ini ke BAORI. Menurut dia, ini langkah tepat. Usai ricuh, para hakim juri keluar gedung GOR dengan pengawalan ketat aparat keamanan.(lipo*3/rol) 



Berita Lainnya :
 
  • Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
  • KPK Tetapkan Bupati Kuansing Sebagai Tersangka Terkait OTT Di Kuansing Riau, Ini Kronologisnya
  • Selain Bupati Kuansing, Beberapa Kadis di Kuansing Dikabarkan Turut Diperiksa KPK
  • Serahkan Zakat Secara Langsung, Wabup Husni Sampaikan 2 pesan kepada Mustahik
  • Delapan Orang Masih Diperiksa KPK di Riau, Sejumlah Kantor Digeledah
  • Sidang Dugaan Pembobolan Dana Nasabah BJB, Teknisi Sebut Ada Backup Rekaman CCTV
  • Silaturahmi dengan Ditjen Polpum, Kemendagri Dukung Pelaksanaan Rakor FPK
  • KPK RI Benarkan Ada OTT di Kuansing Riau, Sejumlah Pihak Masih Diperiksa, Terkait HGU?
  • 5 Aturan Baru PPKM Berlaku Mulai Hari Ini
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index