Rabu, 20 Oktober 2021
Follow:
 
Parkir Indomaret dan Alfamart Resmi Dikelola Dishub Pekanbaru

elpi | Daerah
Kamis, 14/10/2021 | 06:19:20 WIB
 Kepala Dishub Yuliarso/ist
TERKAIT:
 
 
PEKANBARU, LIPO - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, terhitung tanggal 16 Oktober 2021 resmi menyerahkan pengelolaan parkir di seluruh Alfamart dan Indomaret ke Dinas Perhubungan (Dishub).

Tidak hanya di kedua ritel tersebut, namun pengelolaan parkir di seluruh ritel dan swalayan yang memiliki lahan parkir berada pada ruang milik jalan juga diserahkan ke Dishub.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dishub Yuliarso dan Kepala Bapenda Zulhelmi Arifin dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (13/10/2021) sore.

Dikatakan Yuliarso, pengelolaan akan dilakukan oleh Dishub setelah dicabutnya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pada objek pajak tersebut oleh Bapenda. 

"Jadi tanggal 15 Oktober ini, Bapenda akan mencabut NPWP objek pajak tersebut," ungkap Yuliarso.

Sebelumnya, terang Yuliarso, parkir yang ada pada ritel Indomaret dan Alfamart masuk kategori parkir khusus. Mereka membayar pajak parkir setiap bulannya ke Bapenda Kota Pekanbaru. 

Namun, saat ini penataan dilakukan seiring pengelolaan dari Dishub Pekanbaru dialihkan ke PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM). Hal ini guna memberikan layanan dan memaksimalkan PAD Kota Pekanbaru. 

"Kita tetap satu komando dari walikota. Kita sedang bertransformasi dari retribusi ke jasa layanan parkir. Maka yang dikelola Dishub lingkup kerjanya adalah badan ruang milik jalan," ucap Yuliarso.

Sementara itu, Kepala Bapenda Zulhelmi Arifin menyebut lahan parkir Alfamart dan Indomaret tidak lagi sebagai wajib pajak, tapi masuk kategori jasa layanan parkir yang dikelola Dishub. 

Nantinya, lanjut dia, Bapenda dan Dishub bakal melakukan pendataan bersama di seluruh ritel maupun swalayan yang berada pada badan ruang milik jalan.

"Kita data usahanya yang memiliki lahan parkir pada ruang milik jalan. Kita akan sesuaikan kategorinya," tutup pria yang akrab disapa Ami itu.(lipo*3/zpc)



Berita Lainnya :
 
  • Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak
  • KPK Tetapkan Bupati Kuansing Sebagai Tersangka Terkait OTT Di Kuansing Riau, Ini Kronologisnya
  • Selain Bupati Kuansing, Beberapa Kadis di Kuansing Dikabarkan Turut Diperiksa KPK
  • Serahkan Zakat Secara Langsung, Wabup Husni Sampaikan 2 pesan kepada Mustahik
  • Delapan Orang Masih Diperiksa KPK di Riau, Sejumlah Kantor Digeledah
  • Sidang Dugaan Pembobolan Dana Nasabah BJB, Teknisi Sebut Ada Backup Rekaman CCTV
  • Silaturahmi dengan Ditjen Polpum, Kemendagri Dukung Pelaksanaan Rakor FPK
  • KPK RI Benarkan Ada OTT di Kuansing Riau, Sejumlah Pihak Masih Diperiksa, Terkait HGU?
  • 5 Aturan Baru PPKM Berlaku Mulai Hari Ini
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index