Pj Bupati Kuansing Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Kampung Adat

Peserta Sosialisasi Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Rumah Adat Kenegerian Sentajo/LIPO
KUANSING, LIPO - Bertempat di Rumah Adat Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi Riau Kamis pagi (25/11/2021) Pj. Bupati Kuantan Singingi yang diwakili Staf Ahli Marhumala Pontas SP membuka secara resmi Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata. 

Marhumala Pontas dalam arahannya mengucapkan salam dari Pj Bupati Kuantan Singingi Drs. Suhardiman Amby yang berhalangan hadir dan mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi yang telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Destinasi Pariwisata ini. 

Lanjut dikatakannya, Sektor pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi khususnya Destinasi Pariwisata saat ini terus tumbuh dan berkembang dengan pesat, salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur maju mundurnya sektor Destinasi Pariwisata adalah dengan menggunakan metode 3 A yakni, Atraksi, Aksebilitas dan amenitas. 

Melalui kegiatan ini para peserta dapat mengaplikasikannya dalam mengelola Destinasi dan menyusun paket wisata diobjek wisata, industri pariwisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Pelatihan terkait tata kelola destinasi memberikan dampak positif yang besar narasumber yang memberikan pelatihan kepada peserta selain menambah wawasan juga dapat mengedukasi peserta. 

Saya yakin dengan tata kelola yang baik terhadap potensi kepariwisataan di daerah ini maka akan menarik minat para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. 

Tujuan pelatihan ini semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan para pelaku kegiatan kepariwisataan di kabupaten Kuantan Singingi. Pariwisata bukan hanya dari objek wisatanya Namun semua selalu terkait dan bersinergi baik itu Home Stay dan juga pemandu wisata nya infrastruktur wisata dan pelaku bisnis kepariwisataan. 

Ditambahkannya, kepada peserta pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Saya berharap Ikutilah kegiatan ini dengan baik manfaatkan kesempatan ini untuk menambah ilmu dan wawasan saudara dalam mengembangkan potensi pariwisata untuk mendapatkan pemasukan asli Desa sekaligus untuk mensejahterakan masyarakat sekitar. 

Tapi yang terakhir pengelola objek harus menerapkan Sapta Pesona agar munculnya anime yang baik dari pengunjung yang datang ke destinasi hal ini akan memberikan keuntungan untuk promosi bagi kita karena dengan promosi lisan akan meyakinkan pengunjung untuk datang ke destinasi yang kita miliki ungkap Marhumala Pontas. 

Ketua Panitia Sosialisasi Destinasi Wisata H. Nasjuneri ST menuturkan, Pelaksanaan sosialisasi /Pelatihan Tata Kelolah Destinasi Pariwisata menuturkan, Pelatihan terkait tata kelola Destinasi Pariwisata tersebut akan memberikan dampak positif yang besar karena para narasumber yang memberikan pelatihan kepada peserta. 

Selanjutnya, Adapun dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Destinasi Wisata ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan tata cara mengelola kawasan Destinasi Wisata. 

Memberikan pemahaman dalam pelayanan Destinasi Wisata. Selain itu memberikan materi kepada peserta dalam meningkatkan pelayanan Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi terutama di Desa Kampung Adat Kenegerian Sentajo. 

Kemampuan sumber daya manusia kepariwisataan dalam mengelola daya tarik pada suatu Destinasi merupakan peningkatan kualitas secara kontinyu, melalui pelatihan Kepariwisataan seperti yang dilaksanakan saat ini. Mudah-mudahan sosialisasi tata kelola Destinasi Pariwisata ini akan memberikan mamfaat yang sangat baik dibidang kepariwisataan papar Nasjuneri. 

Nara sumber Sosialisasi Tata Kelola Destinasi Pariwisata menghadirkan Dosen Universitas Riau yakni Andri Sulistyani, S.S., M.Sc dan Chelsy Yesicha, S.Sos., M.I.Kom. Kedua dosen ini sudah berpengalaman dibidang kepariwisataan. 

Dikesempatan itu, Staf ahli Bupati Marhumala Pontas juga menyerahkan wabsite Kampuang Adat Koto Sentajo dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi kepada Pemdes Koto Sentajo dengan official website www.wisatakotosentajo.com. 

Peserta sosialisasi ini diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri dari utusan anggota Pokdarwis Se - Kuantan Singingi, Pegiat Pariwisata, Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi, Pj. Kepala Desa Koto Sentajo Arliyusman ST, Sekdes H. Bahmada A.Md, Para Perangkat Desa dan anggota BPD. (*14).



TERKAIT