Sabtu, 28 Mei 2022
Follow:
 
Soal Kelapa Sri Gemilang Inhil Riau, Berikut Penjelasan Kementan

Elfi | Daerah
Kamis, 27/01/2022 | 10:41:52 WIB
Kebun Kelapa/int
TERKAIT:
 
 
LIPO - Koordinator Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Puslitbang Perkebunan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Tedy Dirhamsyah menyampaikan bahwa Kelapa Sri Gemilang asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau dinilai berpotensi untuk menjadi bibit kelapa unggulan.

Ia menjelaskan, Sri Gemilang merupakan spesifikasi kelapa pasang surut. Di Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki lahan pasang surut. Sehingga varietas ini cocok untuk di tanam di berbagai daerah.

Tedy Dirhamsyah mengungkapkan, jika Provinsi Riau bisa mendirikan perkebunan kelapa induk untuk Sri Gemilang dan varietas lainnya, maka Riau bisa mensuplai berbagai jenis kelapa, khususnya kelapa Sri Gemilang ini ke seluruh Indonesia. 

"Dengan luasnya lahan kelapa di Riau, mungkin ini bisa dikembangkan," katanya, dalam FGD pengembangan kelapa Riau, di Kantor Bappedalitbang Riau, Rabu (26/1/22).

Ia menerangkan, sebenarnya potensi kelapa unggulan ini tentu ada di masing-masing daerah. Jika mau meneliti  lebih lanjut, menurut Tedy bisa saja akan ditemukan jenis varietas baru.

Tedy mencontohkan, kelapa unggulan lainnya adalah varietas Kelapa Bido Morotai yang berasal dari Pulau Morotai, Maluku Utara. Ciri khas kelapa ini berbatang pendek, produksi buah dan nira yang tinggi. Kelapa Bido lambat bertambah tinggi dibanding kelapa tipe dalam.

Karena keunggulan Kelapa Bido Morotai tersebut, terangnya, hingga kini kelapa jenis ini menjadi pembahasan bagi penelitian dan pengembangan kelapa di tingkat nasional dan internasional.

"Kalau kita mau mengeksplor perkebunan kelapa yang lebih luas di Riau, pasti akan ketemu buah kelapa yang mungkin seperti Bido Morotai atau yang lainnya. Bido Morotai ini dibahas di luar negeri, karena sustainable itu tadi," sebutnya.

Koordinator Kerja sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Puslitbang Perkebunan Badan Litbang Pertanian menginginkan bagaimana ke depannya budidaya kelapa yang baik dan unggul.

Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pengembang kelapa tersebut, menurutnya inilah kesempatan terbuka untuk mendukung Riau penghasil buah kelapa juga penghasil benih kelapa di Indonesia.

Terangnya, sebagai daerah terluas perkebunan kelapanya secara nasional, ini menjadi kesempatan bagi Riau untuk menggali masalah dan tantangan yang ada untuk kemajuan ke depan.

"Ini bagaimana budidaya kelapa yang baik yang menghasilkan kelapa unggulan," tutupnya. (*1/rls)







Berita Lainnya :
 
  • Tim Tabur Kejaksaan Berhasil Menangkap Buronan Kasus Penggelapan di Jatim
  • Sederhana, Toleransi, Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa
  • Diguyur Anggaran Ratusan Miliar, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Diminta Tingkatkan Pelayanan
  • Gubri Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Buya Syafii Maarif
  • GPMPPK Gelar Demo di Kejagung RI, Desak Kejaksaan Ungkap Kasus Dana Hibah Siak
  • Ikuti Bimtek & Studi Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, ini Harapan Alfedri
  • Ketua DPRD Kuansing Ajak Semua Warga Jadi Duta Wisata untuk Negeri Sendiri
  • Janji Tinggal Janji.... Mantan Honorer di Kuansing Riau Gembok Pagar Kantor Camat
  • Indonesia Berduka, Ulama Kharismatik Buya Syafii Maarif Dikabarkan Wafat
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index