Rabu, 10 Agustus 2022
Follow:
 
Ikuti PeSONas Tahun 2022, Kadispora Riau Resmi Lepas 157 Kontingen SOIna

elpi | Daerah
Minggu, 03/07/2022 | 11:10:51 WIB
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau Boby Rachmat/int
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, LIPO - Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau Boby Rachmat Resmi melepas olahragawan yang akan mengikuti Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) Tahun 2022 di Semarang.

Sebagai informasi, Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) ke - 1 Tahun 2022 merupakan event 4 (empat) tahunan sebagai pembaharuan Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) SOINA yang sudah digelar sejak tahun 1990, bagi atlet bertalenta khusus seperti penyandang disabiliitas intelektual.

Boby Rachmat menyadari bahwasanya Special Olympics Indonesia (SOIna) di Provinsi Riau ini mulai tumbuh dan dikenal oleh masyarakat luas.

"Kita berharap secara bertahap SOIna Riau terus dapat meningkatkan harkat dan martabat mereka para disabilitas intelektual menjadi orang yang bermartabat dan dihargai oleh masyarakat," ujarnya, saat pelepasan atlet di Hotel Pangeran Pekanbaru, Sabtu malam (2/7/2022).

Menurutnya, para disabilitas intelektual ini adalah orang - orang yang mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam dunia olahraga yang salah satu pembinaannya dapat dilakukan melalui SOIna Riau.

Ia juga menyatakan bahwa SOIna Riau telah aktif di 12 kabupaten/Kota dan pihaknya berharap dengan ini, SOIna Riau tetap mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah  kabupaten/kota se - Provinsi Riau. 

"Saya berharap kabupaten/kota dapat bersinergi dengan program dan kegiatan dengan Dispora di kabupaten/kota masing - masing. Kami juga berharap kabupaten/kota dapat memperhatikan hibah untuk SOIna ini dengan baik, karena dengan anggaran hibah bisa tentu bisa didukung oleh dinas terkait. Ini yang selalu saya sampaikan agar SOIna Riau selalu didukung oleh Pemda kabupaten/kota," harap Boby Rachmat. 

Sementara itu,  Ketua Pengurus Provinsi Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi Riau, Novilia mengatakan bahwa kegiatan pemusatan pelatihan SOIna Riau yang telah dimulai pada 27 Juni yang lalu telah selesai dan berjalan dengan lancar. 

"Alhamdulillah kegiatan pemusatan pelatihan SOIna Riau yang dimulai pada 27 Juni yang lalu berjalan dengan lancar dan Inshaallah pukul 6.20 wib, Kontingen SOIna Riau akan berangkat menuju Kota Semarang untuk mengikuti pelaksanaan PeSONas I," ungkap Novilia. 

Novilia menjelaskan jumlah Kontingen SOIna Riau yang ikut bertanding dalam PeSONas I ini sebanyak 157 orang. Terdiri dari olahragawan - olahragawati sebanyak 106 orang, ketua kontingen dan wakil ketua kontingen 3 orang, tim medis 1 orang, pelatih 32 orang, pendamping 10 orang dan official 15 orang.

"Para olahragawan ini berasal dari 12 kabupaten/kota. Untuk Kabupaten Pelalawan sebanyak 8 atlet dan 2 orang pelatih, Kabupaten Indragiri Hilir 4 atlet dan 1 orang pelatih, Kabupaten Rokan Hulu 7 atlet dan 1 orang pelatih," jelasnya. 

Ia melanjutkan, olahragawan dari Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 5 atlet dan 1 orang pelatuh, Kabupaten Bengkalis 8 atlet Dan 3 orang pelatih. Sedangkan untuk Kabupaten Meranti 7 atlet dan 2 orang pelatih.

"Untuk Kabupaten Kampar 5 atlet dan 1 orang pelatih, Kabupaten Kuantan Singingi 7  atlet dan 2 orang pelatih, Kabupaten Rokan Hilit sebanyak 3 atlet dan 1 orang pelatih. Sedangkan Kota Pekanbaru 44 atlet," lanjut Novilia. 

Novilia mengatakan untuk memperebutkan juara mum yang ketiga kalinya tentu bukanlah hal yang mudah. Tetapi pihaknya tidak pesimis dan harus bisa selalu optimis untuk bisa mempertahankan juara umum ketiga kalinya. 

"Kita tetap optimis dan tentunya kita mohon doa untuk para kontingen ini agar mereka dapat meraih prestasi dan dapat mengulang kembali menjadi juara umum untuk yang ketiga kalinya," imbuhnya. 

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Provinsi Riau Taufiq OH, Ketua NPC Riau Jaya Kusuma, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Indragiri Hilir Junaidi dan tamu undangan lainnya. Pada pelepasan tersebut juga dilaksanakan penyerahan petaka dari Kadispora kepada ketua kontingen PeSONas dan foto bersama.(lipo*3/mcr)



Berita Lainnya :
 
  • Investor Lirik KITB, Wabup Husni Merza Terima Kedatangan Audiensi LRDI dan Mitranya
  • SKementerian ATR BPN Setujui Rencana Detail Tata Ruang KITB
  • Sekda Arfan Ucapkan Selamat HUT Riau ke 65
  • HUT ke-65 Riau, Sinergitas Pembangunan Kolaborasi Pemprov Dengan Pemkab Semakin Banyak dan Erat
  • Pj. Camat Sentra Jon Hendri Sampaikan Pidato Gubri Hari Jadi Provinsi Riau Ke - 65
  • Kejari Kota Mojokerto Telisik Dugaan Penyelewengan Dana CSR
  • Kasus Pengadaan Tower PLN, Dua Saksi Diperiksa Penyidik Kejagung
  • Kinerja Kejaksaan RI Meningkat, Majelis Adat Dayak Nasional Apresiasi Kepemimpinan Burhanuddin
  • Bupati Alfedri Sambut Kepala SKK Migas di Istana Sultan Siak Asserayah Hasyimiyah
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2021 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index