Dinilai Langgar Kode Etik, Kejutan Ultah di Paripurna Bikin Puan Maharani di-MKD-kan

Ketua DPR RI Puan Maharani/int

 

JAKARTA, LIPO - Ketua DPR RI Puan Maharani dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Puan dinilai melanggar kode etik karena tidak menskors rapat paripurna saat ada kejutan ulang tahun untuk dirinya.

"Diterimalah laporan kita hari ini dengan semua bukti video, tangkap screenshot salah satu media," kata pelapor Joko Priyoski di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9).

Laporan Joko terhadap Puan di MKD DPR itu bernomor 98 disertai bukti USB berisi rekaman kejutan ulang tahun Puan saat paripurna. Joko berharap MKD DPR dapat menindaklanjuti laporannya tersebut.

Joko melaporkan Puan Maharani atas nama pribadi. Dia mendesak Puan untuk meminta maaf atas dugaan pelanggaran kode etik.

"Kami berharap ke depannya tidak ada lagi yang kebal etik di gedung ini. Kami berharap itu. Terus yang kedua, kami berharap MKD berani memberikan teguran berupa sanksi kepada Ibu Puan Maharani karena dugaan pelanggaran kode etik tersebut. Kami menduga Ibu Puan ini melanggar kode etik," ujar Joko.

Ultah Puan di DPR

Suara nyanyian lagu 'Selamat Ulang Tahun' menggema di ruangan rapat paripurna DPR. Sorak sorai nyanyian lagu itu ditujukan kepada Ketua DPR Puan Maharani yang berulang, Selasa (6/9).

Rapat paripurna itu khusus mengagendakan pidato oleh Puan Maharani dan penyerahan laporan kinerja DPR tahun sidang 2021-2022. Sorak-sorai momen ucapan ulang tahun untuk Puan itu terjadi di ujung rapat.

Terdengar dari pengeras suara yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Puan. Bunyi suara itu kemudian diiringi lagu 'Selamat Ulang Tahun' yang diikuti oleh seluruh anggota DPR di ruang rapat.

"Kami seluruh peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR Ibu Dr HC Puan Maharani. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu, serta dalam lindungan Allah SWT. Amin," bunyi suara itu.

Mendengar itu, para anggota Dewan lantas langsung berdiri sambil bertepuk tangan. Mereka kemudian menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' dengan kompak. Di kursi pimpinan, Puan turut berdiri. Dia juga bertepuk tangan seraya tersenyum.(lipo*3/dtc)

 

TERKAIT