Menkumham Yasonna Laoly Hadiri Rapat Evaluasi Kemenkumham Riau

Menkumham, Yosanna Laoly/ist

PEKANBARU, LIPO - Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly, hadiri Rapat Koordinasi Evaluasi dan Capaian Kinerja di lingkungan Kemenkumham Riau, di Pekanbaru, Sabtu (24/09/22). 

Kehadiran Yasonna  untuk memberikan penguatan sekaligus menutup kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi dan Capaian Kinerja di lingkungan Kemenkumham Riau. 

Selaku pimpinan tertinggi bagi seluruh Insan Pengayoman, kehadiran Menkumham untuk memberi semangat baru. Ia juga memberikan motivasi dalam mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

Dikatakan Yasonna, bahwa penelitian menyebutkan bahwa negara yang banyak melahirkan inovasi Kekayaan Intelektual berbanding lurus dengan kemajuan suatu bangsa.

"Untuk itu kita harus mendorong dan meningkatkan inovasi yang berkembang di masyarakat dengan memberikan perlindungan hukum," kata Yosanna, saat memberikan penguatan. 

Bentuk dukungan Menkumham terhadap peningkatan Kekayaan Intelektual diwujudkan dengan memberikan sertifikat langsung kepada  lima penerima hak kekayaan intelektual di Wilayah Riau. 

Sertifikat itu diberikan kepada, Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru atas ciptaan program Komputer Jempol HAM, Elvina Asnaty, atas ciptaan alat peraga model Indus Elvina Asnatu (EA). 

Kemudian, sertifikat merek kepada SMK Negeri 2 Pekanbaru dengan merek Clazo, PT Adinaga Sindo Jaya dengan merk Lucky Polytank Gold dan Beni dengan merek empek-empek Bu Tuti.

"Melalui kesempatan ini, saya mengingatkan, bahwa kita sebagai unsur pemerintah yang membidangi Hukum dan HAM harus mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM," tegasnya. 

Tugas dan fungsi yang dimaksud Yasonna adalah pengemban fungsi-fungsi kebijakan pembentukan hukum, penerapan hukum, pelayanan hukum, dan kebijakan penegakan hukum yang memiliki posisi strategis dalam pembangunan hukum. 

"Karenanya kita harus terus menerus berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang Hukum dan HAM. Khususnya di wilayah Riau sebagai wujud tanggung jawab eksekutif dalam berkinerja dengan menjunjung tata nilai PASTI dan Berakhlak," pesan Menkumham.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu, dan pejabat undangan lainnya. (*1/***) 

TERKAIT