Breaking News
Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi | Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi | Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan | 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru | Ketum Pordasi Sebut Pasca Covid-19 Gairah Olahraga Berkuda Mulai Bangkit | Resmikan Jalan Dua Jalur di Indragiri Hulu, Ini Pesan Gubernur Syamsuar Senin, 30 Januari 2023

 
Pastikan Layanan Perpajakan Berikan Kemudahan, Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan Lakukan Sidak di Kawasan CFD
Selasa, 06-12-2022 - 14:06:48 WIB
Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan Saat Sidak Pelayanan Pajak di Kawasan CFD di Jalan Jenderal Sudirman
Baca juga:
 
  • Pastikan Layanan Perpajakan Berikan Kemudahan, Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan Lakukan Sidak di Kawasan CFD
  •  

    PEKANBARU, LIPO - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan didampingi Kepala Bidang Pengendalian Pajak Daerah Bapenda Pekanbaru, Hidayat Alfitri kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke layanan pajak daerah yang dibuka instansi itu di kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (4/12/2022) kemarin.

    Sidak yang Alek Kurniawan lakukan itu untuk memastikan wajib pajak mendapatkan kemudahan melalui layanan yang dibuka di CFD tersebut.

    Sejak dilantik sebagai Kepala Bapenda Pekanbaru baru-baru ini, Alek Kurniawan terus tancap gas untuk mengejar target Pandapatan Asli Daerah (PAD). Guna memotivasi wajib pajak agar bisa menunaikan kewajibannya tepat waktu, ia berupaya memberikan banyak kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

    Hal itu sejalan dengan arahan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, supaya Bapenda sebagai instansi penyedia layanan publik mengedepankan kemudahan dan kemurahan kepada masyarakat dalam urusan perpajakan.

    Saat sidak layanan di CFD, Minggu pagi, Alek memberikan arahan kepada petugas pelayanan untuk dilakukan percepatan kemudahan dan kemurahan layanan pajak sehingga terciptanya partisipasi.

    "Dengan tingginya partisipasi masyarakat, ke depannya juga dapat dilakukan pemutakhiran data-data terutama untuk PBB. Makanya tenaga IT dan petugas PBB juga harus hadir di sini, terutama terkait PBB harus dimutakhirkan," kata pria yang biasa juga disapa Kaban Akur itu.

    Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BPKAD Pekanbaru ini menyatakan komitmennya akan terus melakukan monitoring dan evalusasi kualitas layananan di lapangan sesuai arahan Pj walikota.

    "Prinsipnya arahan dari pak wako (walikota) terkait kemudahan dan kemurahan layanan pajak daerah akan terus kita monitor dan evaluasi secara berkelanjutan. Makanya kami sidak lagi hari ini," ucapnya.

    Terlebih, lanjut dia, akhir tahun 2022 merupakan batas akhir pemutihan denda pajak atas 11 jenis pajak yang dikelola oleh Bapenda. Karena itu menurutnya, pesan tentang kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan pemerintah ini harus betul-betul sampai kepada masyarakat.

    "Pesan pentingnya masyarakat selaku wajib pajak diberikan kemurahan untuk tidak perlu membayar denda, yang biasanya dibebankan saat telat membayar pajak mereka," ujar Alek yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Ketapang dan Sekwan ini.

    Lebih jauh disampaikannya, penghapusan sanksi administratif atau denda serta diskon BPHTB salah satu upaya Bapenda Pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sekaligus mendorong percepatan optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor pajak daerah menjelang berakhirnya tahun 2022.

    "Ayo Encik Puan warga Kota Bertuah, nikmati kemudahan dan kemurahan pembayaran pajak karena ada penghapusan denda atas tunggakan pajak dan diskon BPHTB 50 persen," kata Alek di hadapan masyarakat yang menikmati suguhan berbagai atraksi bersempena dengan pagelaran Tour De Siak di areal CFD.

    Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, berdasarkan Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 674 Tahun 2022 tentang Perpanjangan Pemberian Penghapusasn Sanksi Administrasi Pajak Daerah, penghapusan denda pajak daerah berlaku sampai tanggal 31 Desember 2022 tehadap 11 jenis pajak daerah yang dikelola Bapenda Pekanbaru di antaranya Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), pajak hotel, restoran, reklame, air tanah, penerangan jalan, parkir, minerba, sarang burung walet, serta Pajak hiburan dan BPHTB. (*1)




     
    Berita Lainnya :
  • Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi
  • Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi
  • Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan
  • 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Resmikan Jalan Dua Jalur di Indragiri Hulu, Ini Pesan Gubernur Syamsuar
  •  
    Komentar Anda :

     


     

    Liputanoke.com adalah Situs berita riau terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara dan kami fokus pada pembaca di Indonesia dan Riau khususnya, baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Selengkapnya

     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Nasional
    + Daerah
    + Politik
    + Hukrim
    + Ekonomi
    + Otomotif
    + Sport
    + Internasional
    + Opini
    + Indeks
     
     

    Alamat Kantor/Redaksi

     
    PT. Mentari Kreasi Media
    Jl. Tengku Bey, Maya Graha
    Simpang Tiga, Bukitraya
    Pekanbaru Riau

    Hotline :


    08126891040 - 08127549754
    Email: liputanoke@yahoo.com
    www.liputanoke.com
     
    Copyright © 2022 liputanoke.com, all rights reserved