Breaking News
Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI | Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi | Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi | Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan | 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru | Ketum Pordasi Sebut Pasca Covid-19 Gairah Olahraga Berkuda Mulai Bangkit Senin, 30 Januari 2023

 
Optimalisasi Kerjasama, Bapenda Pekanbaru Kunjungi BPN Pekanbaru
Selasa, 13-12-2022 - 16:09:56 WIB
Baca juga:
 
  • Optimalisasi Kerjasama, Bapenda Pekanbaru Kunjungi BPN Pekanbaru
  •  

    PEKANBARU, LIPO - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru di Jalan Nagasakti, Kecamatan Binawidya, Senin (12/12/22).

    Kunjungan kerja ini dalam rangka optimalisasi penguatan kerja sama antara kedua belah pihak yang sudah terjalin sebelumnya.

    Salah satu program strategis nasional yang masuk dalam program prioritas adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN. Program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah tanah terdaftar secara signifikan sehingga memberi manfaat untuk masyarakat.

    Di sisi lain, kegiatan PTSL juga berkontribusi bagi daerah dalam optimalisasi pajak daerah terutama sektor Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Dua pajak daerah yang pengelolaannya menjadi kewenangan kabupaten/kota tersebut termasuk signifikan dalam penguatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor perpajakan.

    "Pertemuan hari ini dalam rangka berbagi informasi untuk penguatan dan percepatan kinerja dari masing-masing institusi," kata Alek.

    Kepala BPN Pekanbaru Memby Untung Pratama menyambut baik kehadiran rombongan Bapenda di kantor yang dipimpinnya. Ini pertama kalinya BPN dikunjungi Bapenda sejak dipimpin Alek Kurniawan.

    "Terima kasih atas kunjungan Pak Alek dan tim di kantor kami. Mudah-mudahan, kerja sama yang sudah terjalin selama ini semakin solid dan berkontribusi positif bagi kedua belah pihak," harapnya.

    Untung juga mengucapkan selamat atas amanah yang diemban Alek Kurniawan selaku Kepala Bapenda Pekanbaru. Bagi Alek sendiri, ini adalah kunjungan pertama sejak ia dilantik sejak 21 November 2022 lalu.

    Kesempatan yang sama, Kepala Bapenda Alek mengatakan, pertemuan ini dalam rangka memperkuat kerja sama yang telah terjalin selama ini. Kerjasama antara Bapenda dan BPN sudah dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS).

    "Kami mendukung penuh BPN untuk suksesi program PTSL," ujarnya.

    Program PTSL sejalan dengan tugas Bapenda, terutama dalam pemutakhiran pendataan bumi dan bangunan yang merupakan objek dari PBB. Bapenda akan terus berupaya memutakhirkan data bumi dan bangunan untuk optimalisasi PAD di sektor PBB dan BPHTB.

    "Kami bawa langsung tim teknis ke sini. Sehingga, kerja sama dalam pertukaran informasi ini berguna dan dapat dieksekusi di tingkat bawah," harap Alek.

    Berbagai rekomendasi konstruktif muncul dari pertemuan kedua belah pihak. Kedua belah pihak sepakat melakukan perbaikan dan optimalisasi penguatan kerjasama ke depannya.

    Di akhir kunjungan, Kepala BPN Pekanbaru mengajak tim Bapenda berkeliling melihat-lihat tenan layanan pertanahan di kantor. Tenan layanan tersebut sudah sangat representatif dan sejalan dengan konsep pelayanan pajak daerah di Bapenda. ***




     
    Berita Lainnya :
  • Besok, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah Sempena HUT ke-77 PWI
  • Curhatan Sang Ibu yang Bikin Hati Presiden Luluh, Begini Sosok Devid yang Dibantu Jokowi
  • Resmikan Gedung Baru SMAN 1 Pasir Penyu, Gubernur Syamsuar Berharap Siswa Siap Berinovasi
  • Cuaca di Riau Diprediksi Cerah Berawan Tanpa Hujan
  • 2023/2024, UNRI Siapkan Tiga Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  •  
    Komentar Anda :

     


     

    Liputanoke.com adalah Situs berita riau terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara dan kami fokus pada pembaca di Indonesia dan Riau khususnya, baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Selengkapnya

     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Nasional
    + Daerah
    + Politik
    + Hukrim
    + Ekonomi
    + Otomotif
    + Sport
    + Internasional
    + Opini
    + Indeks
     
     

    Alamat Kantor/Redaksi

     
    PT. Mentari Kreasi Media
    Jl. Tengku Bey, Maya Graha
    Simpang Tiga, Bukitraya
    Pekanbaru Riau

    Hotline :


    08126891040 - 08127549754
    Email: liputanoke@yahoo.com
    www.liputanoke.com
     
    Copyright © 2022 liputanoke.com, all rights reserved