KPU Siak Ajak Semua Pihak Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024

KPU Siak Ajak Semua Pihak Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024
Komisioner KPU Siak/F: ist

SIAK, LIPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak terus mendorong berbagai pihak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Siak Ahmad Rizal menyampaikan partisipasi pemilih dalam Pemilu/Pilkada tidak hanya tanggung jawab KPU semata sebagai penyelenggara, melainkan tanggung jawab bersama baik itu, KPU, pemerintah, partai politik, dan segenap warga negara Indonesia.

"Meningkatkan partisipasi pemilih, tugas semua pihak KPU, PPK di kecamatan, PPS yang ada di desa dan kelurahan, pemerintah daerah dan lembaga terkait, wajib melakukan sosialisasi demi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara di pemilu 2024 mendatang nanti," ujar Rizal ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/7/2023).

Rizal juga menjelaskan dalam meningkatkan partisipasi publik dalam menggunakan hak pilih, partai politik sangat berperan dan berkepentingan untuk menarik simpati masyarakat memilih para Caleg nya.

"Untuk itu, kami mengajak kepada kita semua berperan aktif meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak 2024 mendatang. Terutama partai politik, para Caleg yang memang berkepentingan langsung dalam meraih suara, sebagai syarat duduk di DPRD," ujar Rizal. 

Salah satu penyebab rendahnya partisipasi pemilih karena banyak nya hoax pada pra pemilu, kampanye-kampanye negatif bahkan Black Campaign atau kampanye gelap.

"Karena, masyarakat disuguhkan dengan hal-hal negatif tentang pemilu, lama-lama mereka bingung sehingga muncul sifat apatis (sikap tak peduli) dan pada akhirnya pragmatis (cenderung berpikir singkat dan instant) ada uang milih tak ada uang mereka tak memilih, sikap seperti ini yang salah," terangnya.

Untuk itu, KPU Siak sendiri dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu mendatang sejauh ini, telah melakukan sosialisasi baik turun langsung bersama PPK menemui warga di kecamatan termasuk juga pemasangan baliho, banner, spanduk, sosialisasi melalui website KPU, media dan juga di sosmed.

"Tanggung jawab kami melakukan sosialisasi sesuai fenomena dengan cara mengedukasi dan memotivasi masyarakat agar berpartisipasi dalam pemilu nanti. Tergenya masyarakat paham dan mendapatkan pencerahan bahwa Pemilu itu dibutuhkan masyarakat, karena Pemilu memilih wakil kita untuk duduk di legislatif dan eksekutif tujuannya untuk membangun kabupaten Siak," terangnya.

Diri nya, menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang sebesar 84 persen.

"Berkaca dari partisipasi pemilih pada Pemilih 2019, baik presiden dan legislatif di angka 84,00 persen. Di tahun 2024 ini kita berusaha mempertahankan, di angka 84. Kalau KPU Pusat angka partisipasi pemilih itu di angka 77,05 kita berharap angka partisipasi di kabupaten meningkat," tutupnya. (*11/inf) 

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Pemilu 2024

Index

Berita Lainnya

Index