Pemko Pekanbaru Akan Bangun RLH Pada 2024, Harganya Cuma 50 Juta Per Unit

Pemko Pekanbaru Akan Bangun RLH Pada 2024, Harganya Cuma 50 Juta Per Unit
Ilustrasi/F: int

PEKANBARU, LIPO - Pemerintah Kota Pekanbaru akan membangun sebanyak 68 unit rumah layak huni (RLH) tahun ini. Pendanaannya bersumber dari bankeu. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru Mardiansyah, mengatakan, Program RLH ini dilaksanakan karena masih ada rumah warga yang tidak layak huni.

"Pembangunan RLH ini sesuai usulan masyarakat, ini bottom up proses pengajuan pembangunannya," papar Mardiansyah, Jumat (9/2/2024) kemarin.

Ia menjelaskan ada beberapa penerima bantuan RLH yang berasal dari masyarakat yang belum terdaftar. Sehingga tim dari Dinas Perkim Kota Pekanbaru harus melakukan verifikasi terhadap usulan yang diajukan.

"Sebenarnya kita sudah punya database, tinggal kita menentukan prioritas yang mana yang akan didahulukan," ulasnya.

Satu rumah yang jadi prioritas berada di Kecamatan Bina Widya. Rumah itu sempat dikunjungi oleh tim Dinas Perkim Kota Pekanbaru bersama Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun pada awal tahun 2024.

"Ada satu rumah yang sudah masuk dalam database kita, sempat dikunjungi Pak Pj. InsyaAllah dibantu, karena kondisinya memprihatinkan," terangnya.

Pihaknya berupaya agar program RLH ini berlangsung secara merata di seluruh kecamatan Kota Pekanbaru. Ia menegaskan tidak mungkin program RLH ini cuma berlangsung di satu kecamatan saja.

Mardiansyah mengaku kemiskinan berlangsung hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Ia menyebut tidak mungkin program ini berlangsung di lokasi tertentu saja.

"Kita upayakan program RLH ini bisa tersebar di seluruh kecamatan, tidak mungkin fokus di satu wilayah saja," paparnya.

Dirinya menjelaskan bahwa RLH yang dibangun berupa rumah tipe 36 dengan satu kamar mandi. Nilai RLH yang dibangun ada di kisaran Rp 50 juta hingga Rp 75 juta. *****

 

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Rumah Layak Huni

Index

Berita Lainnya

Index