Peresmian Program TMMD ke 119 Sungai Tengah, Alfedri: Semoga KSAD TNI Bisa Hadir

Peresmian Program TMMD ke 119 Sungai Tengah, Alfedri: Semoga KSAD TNI Bisa Hadir

SIAK, LIPO - Puncak acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024, akan berlangsung 20 Maret mendatang. 

Bupati Alfedri berharap peresmiannya dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Siak Alfedri memberi arahan apel pra TMMD ke 119 tahun 2024 berlangsung di kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Selasa pagi (13/2/2024).

“Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program strategis KSAD TNI, kerjasama dengan Pemerintah, tujuannya untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur di daerah terpencil dan akses jalan ke areal lumbung pangan seperti persawahan di sungai tengah ini,” kata Bupati Alfedri.

Alfedri berharap pelaksanaan TMMD ini akan dibuka tanggal 20 februari oleh Danrem 303 Wira Bima dan peresmiannya dilaksanakan tanggal 20 Maret akan mengundang KSAD TNI.

“Hari ini, kita membuka rencana awal pra TMMD ke 119 di kabupaten Siak, kegiatan ini akan berjalan selama satu bulan, di tanggal 20 maret 2024 nanti peresmiannya. Kami berharap pak Dandim bisa undang KSAD TNI membukanya. Jika KSAD datang ke sungai tengah, tentu menjadi satu sejarah, membanggakan ada jenderal bintang empat datang ke Siak,” sebutnya.

Pemerintah kabupaten Siak sendiri melalui dinas PUPR tahun 2024 ini telah menganggarkan Rp 3,2 miliar untuk pembangunan jalan poros kampung sepanjang 1,3 km menuju areal persawahan kampung sungai tengah.

“Ini bukan proyek, namun sifatnya swakelola artinya, TNI bersama masyarakat gotong royong atau kerja bakti, mengerjakan jalan ini. Jalan ini kita bangun juga atas permintaan dari masyarakat saat panen raya 2023 lalu, agar akses jalan menuju persawahan bisa di bangun,” kata dia.

Alfedri berharap masyarakat mendukung program TMMD ini berjalan dengan baik dan lancer. “oleh sebab itu, mari kita dukung penuh program ini, ibu penghulu, kadus dan RT, masyarakat semuanya harus menyukseskan TMMD ini,” tambahnya.

Kepala Komando Distrik Militer (Dandim) 0322 Siak Letkol, Arh Riyanto Budi Nugroho mengatakan Program TMMD merupakan sinergitas antara TNI dan Pemkab.

TNI manunggal membangun desa, programnya bukan proyek, ini pesta TNI manunggal bersama rakyat. Program TMMD merupakan kerjasama dengan pemda yang nantinya membangun jalan untuk kepentingan masyarakat.

“TMMD merupakan program prioritas TNI AD, kita selain menjaga pengamanan dan pertahanan negara juga bagaimana meningkatkan ketahanan pangan nasional, dengan berbaur mendengar keluh kesah masyarakat sehingga kami mendekatkan diri dengan masyarakat,” singkatnya. *****

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index