Bawaslu Pekanbaru Hadiri Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

Bawaslu Pekanbaru Hadiri Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024
Reni Purba S. Pd/F: ist

PEKANBARU, LIPO - Bawaslu Kota Pekanbaru hadiri Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2024 tingkat kota Pekanbaru. Pleno terbuka dilakukan di hotel Aryaduta Pekanbaru. Rabu 28 Februari 2024.

Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi tingkat kota Pekanbaru dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru,

Dalam kesempatan itu, komisioner Bawaslu kota Pekanbaru Reni Purba menyampaikan beberapa hal terkait lancarnya kegiatan Rapat Pleno yang akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2024.

“Yang pertama, sebelum pembacaan tata tertib KPU Kota Pekanbaru membacakan nama-nama saksi yang telah mendapat mandat dari peserta pemilu. Hal ini penting untuk mengetahui siapa yang dapat bersuara mewakili peserta pemilu,"ungkap Reni. 

Sesuai dengan Surat Himbauan Bawaslu kota Pekanbaru  yang telah dilayangkan beberapa waktu yang lalu, KPU Pekanbaru agar memastikan bahwa seluruh peserta pemilu telah mendapatkan Model D Hasil Kabupaten/Kota untuk 5 (Lima) jenis pemilihan walaupun dalam pleno ini kita hanya akan membahas 4 (Empat) jenis pemilihan.

"Tetapi, perlu kami sampaikan bahwa menjadi hak peserta pemilu dan pengawas pemilu untuk mendapatkan 5 (Lima) jenis pemilihan dan terdapat pelanggaran pidana bagi penyelenggara pemilu yang tidak menyerahkan Formulir hasil perhitungan suara di semua tingkatan kepada peserta pemilu dan pengawas pemilu dalam waktu 7 (Tujuh) hari sejak diputuskan,“tambahnya.

“Bawaslu minta KPU Pekanbaru  agar membacakan Formulir Model D Hasil Kabupaten/Kota kemudian di Input melalui dual aplikasi secara bersamaan yaitu Excel berumus dan Sirekap Web. Mohon disiapkan sebelum Rekap dimulai," terangnya.*****

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Pemilu 2024

Index

Berita Lainnya

Index