Menggugah Selera, Ini 10 Rekomendasi Kue Kering yang Cocok untuk Lebaran 2024

Menggugah Selera, Ini 10 Rekomendasi Kue Kering yang Cocok untuk Lebaran 2024
Ilustrasi/int

LIPO - Kemeriahan Ramadhan tak hanya diwarnai dengan ibadah dan amalan spiritual, tetapi juga tradisi menyambut Lebaran. Apalagi, mengingat sekarang telah memasuki minggu ketiga bulan suci. Sebagian masyarakat muslim telah memikirkan berbagai persiapan untuk hari raya.

Salah satu hal yang jamak dipersiapkan jauh-jauh hari dalam menyambut Lebaran adalah penganan ringan, seperti kue kering. Tak hanya memanjakan lidah, penganan ini juga menjadi simbol keramahan dan kehangatan.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, suasana persiapan khas Lebaran sedang berlangsung meriah di kalangan umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu tradisi yang tetap terjaga adalah persiapan berbagai jenis kue kering yang akan menghiasi meja saat Lebaran tiba.

Meskipun nastar dan kastengel tetap menjadi favorit utama, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa jenis kue kering lain yang juga tidak boleh absen dari hidangan Lebaran.

1. Putri Salju - Kue kering berbentuk bintang, bunga, bulat, dan ikonik bulan sabit ini memiliki tekstur padat dan renyah. Taburan gula halus di atasnya membuatnya terasa dingin ketika digigit, menyerupai salju yang menyelimuti kue.

2. Kastengel - Kue dengan aroma keju yang lezat ini memiliki tekstur renyah dan gurih. Bentuknya persegi panjang dengan tambahan keju gouda atau edam untuk aroma keju yang lebih kuat.

3. Sagu Keju - Terbuat dari campuran tepung sagu dan keju, kue ini memiliki tekstur lembut, gurih, renyah, dan lumer di mulut. Kombinasi rasa manis dan gurihnya membuatnya menjadi kue wajib di hari Lebaran.

4. Lidah Kucing - Kue ini memiliki bentuk mirip lidah kucing, panjang dan tipis. Rasa enak, gurih, dan renyah di setiap gigitannya membuatnya banyak digemari. Kini tersedia dalam berbagai varian rasa.

5. Cookies Coklat - Kue manis yang empuk dan renyah dengan taburan chocochip atau sprinkle warna-warni ini menjadi favorit anak-anak. Berbagai varian bentuk dan topping semakin membuatnya digemari.

6. Kue Kacang - Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula halus, minyak goreng, dan kacang tanah yang telah dikupas kulitnya, kue ini memiliki rasa manis dan gurih yang pas saat disantap.

7. Kue Bawang - Kue kering sekaligus camilan andalan masyarakat Indonesia ini terbuat dari bawang putih, tepung terigu, dan penyedap. Bentuknya panjang dan tipis, rasanya enak dan mudah dibuat di rumah.

8. Kue Semprit - Kue ini tetap menjadi favorit dengan bentuknya yang mirip bunga dan rasa manis yang pas. Terbuat dari adonan tepung terigu, margarin, gula, dan telur, kue ini juga memiliki beragam topping seperti selai stroberi, nanas, chocochip, dan keju parut.

9. Kue Thumbprint - Meskipun mirip dengan kue semprit, kue ini memiliki bentuk bulat pipih dengan topping selai buah atau coklat di atasnya. Rasa enak dan renyahnya menjadikannya pilihan tepat untuk menemani momen Lebaran bersama keluarga.

10. Nastar - Kue nastar masih menjadi kue kering paling favorit yang disajikan saat Lebaran tiba.

Diketahui sebagai inovasi dari kue pai Belanda, nastar berisi selai buah seperti stroberi, apel, blueberi, hingga nanas.

Varian rasa dan bentuknya semakin beragam, membuatnya semakin digemari.

Kehadiran beragam kue kering ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menghadirkan kehangatan dan kebersamaan di momen Lebaran bersama keluarga dan kerabat.(***)

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Lebaran

Index

Berita Lainnya

Index