Kamis 2 Mei 2024

Hadapi Irak di Perebutan Posisi 3 Piala Asia U-23 2024, Indonesia Kejar Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Hadapi Irak di Perebutan Posisi 3 Piala Asia U-23 2024, Indonesia Kejar Tiket ke Olimpiade Paris 2024
Timnas Indonesia saat menghadapi Uzbekistan di semifinal/cnn

LIPO - Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Irak dalam laga perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 2024 pada Kamis, 2 Mei 2024. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa dengan disiarkan langsung RCTI dan live streaming di Vision+.

Setelah gagal ke final, timnas Indonesia U-23 masih berpeluang meraih tiket ke Olimpiade pada musim panas nanti, 26 Juli-11 Agustus mendatang, bila berhasil mengalahkan Irak. Sebab, Piala Asia U-23 2024 ini menjadi salah satu kualifikasi ke kejuaraan internasional tersebut dengan tiga tim terbaik akan mendapatkan tiket ke ajang tersebut.

Indonesia kalah dari Uzbekistan 0-2 dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin malam WIB, 29 April 2024. Sementara, Irak gagal ke final setelah dikalahkan Jepang 2-0 pada Selasa dinihari WIB.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta timnas U-23 Indonesia tidak menyerah usai kalah di laga semifinal. Ia memotivasi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk berjuang meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

"Ini ada game kedua yang penting yang memastikan kita bisa lolos Olimpiade, tempat ketiga kita mau menyerah atau mau fight back," ujar Erick kepada para pemain Garuda Muda di ruang ganti usai laga melawan Uzbekistan, seperti terlihat dalam tayangan video yang diunggah melalui akun instagram pribadinya, @erickthohir, Selasa, dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Erick melontarkan pertanyaan yang sama secara berulang kepada para pemain "Kita mau nyerah atau mau fight back? Mau nyerah atau mau fight back?"

"Enggak (tidak menyerah), fight back," ujar Rizki Ridho dan kawan-kawan secara kompak.

Erick mengajak semua pemain agar tidak putus asa karena masih ada laga selanjutnya yang akan dilakoni untuk merebut tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024. "Ayo come on, masih ada, come on," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia telah menyaksikan dan mendukung perjuangan dan kerja keras skuad Garuda Muda, meskipun kalah dari Uzbekistan.

"Pak Menpora (Menpora Dito Ariotejo) di sini (bersama-sama di ruang ganti), presiden (Presiden RI Joko Widodo) nonton kalian, seluruh rakyat Indonesia nonton kalian, kasih lihat kita bangsa yang kuat, enggak bisa diinjak-injak," ujarnya.

Erick meminta para pemain agar membangkitkan lagi semangat dan kepercayaan diri untuk menatap laga selanjutnya yang sangat penting untuk mengejar tujuan tampil dalam ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia.

"Jangan mengeluh, kita fight back, we are strong dan we can fight back, come on, come on," ujar Erick disambut tepuk tangan para pemain.

Setelah memberikan motivasi secara lisan, Erick pun berjabatan tangan dengan setiap pemain serta pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

Harapan timnas U-23 Indonesia bisa berlaga di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Apabila nanti kalah dari Irak dan menduduki posisi keempat Piala Asia U-23 2024, Skuad Garuda masih memiliki satu kesempatan lagi melalui laga playoff menghadapi wakil dari Afrika, Guinea, pada Mei mendatang.(***)

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Timnas Indonesia

Index

Berita Lainnya

Index