Universitas Uniks dan Unri Taja Acara Capacity Building di Kuansing

Universitas Uniks dan Unri Taja Acara Capacity Building di Kuansing
Tim PKM Uniks dan Unri berfoto bersama dengan peserta Pelatihan Capacity Building di Pendopo Desa Koto Sentajo/F: Lipo

KUANSING, LIPO - Tim  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) dan Universitas Riau (Unri) Selasa pagi (11/6/2024) yang bertempat di Pendopo Desa Koto Sentajo melaksanakan Pelatihan Capacity Building bagi Perangkat Desa Koto Sentajo dan Perangkat Desa Kampung Baru Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. 

Ketua PKM Universitas Riau Prof. Dr. Zulfan Sa'am  menuturkan, Secara umum Capacity Building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude), dan perilaku (behaviour) dari sumber daya manusia.

Lanjut kata Prof. Zulfan yang juga Ketua Yayasan Uniks, Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kapasitas (capacity building) meliputi 5 hal pokok yakni, komitmen bersama, kepemimpinan, reformasi peraturan, reformasi kelembagaan, dan pengakuan tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

“Mudah-mudahan dengan adanya Pelatihan Capacity Building bagi Perangkat Desa, diharapkan para Perangkat Desa akan mampu memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakatnya,” harap Zulfan. 

Sementara itu Dosen Unri Dr. Agus Mandar anggota pengabdian masyarakat  sekaligus Pembicara, pada sesi tanya jawab memaparkan terkait proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPMJDes) serta peran serta para Perangkat Desa dalam pembahasan RPMJDes.

Lanjut mantan Plt. Sekda Kuantan Singingi juga menerangkan topoksi Perangkat Desa serta Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, perangkat Desa mempunyai hak :  diantaranya menerima penghasilan tetap setiap bulan, tunjangan, dan penerimaan lainnya yang sah serta mendapatkan jaminan kesehatan, mendapatkan cuti; dan  mendapatkan perlindungan hukum atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan.

Pj. Kepala Desa Koto Sentajo H. Bahmada A.Md mengucapkan dan mengapresiasi pihak Uniks Kuantan Singingi dan Universitas Riau yang telah melaksanakan Pengabdian masyarakat dengan Pelatihan Capacity Building bagi Perangkat Desa Koto Sentajo dan Perangkat Desa Kampung Baru Sentajo.

“Mudah-mudahan dengan adanya Pelatihan ini akan menambah wawasan bagi para Perangkat Desa serta akan berbuat lebih baik lagi demi kepentingan masyarakat,” papar H. Bahmada.

Acara Pengabdian kepada masyarakat ini turut dihadiri Rektor Uniks yang diwakili Ketua LPPMDI fitrianto, S.Ag., M.Si, Dekan Fakultas Teknik Agus Candra, ST, M.Si, , para Dosen Uniks, Dosen Unri, Pj. Sekretaris Desa Koto Sentajo dan Sekretaris Desa Kampung Baru Sentajo, para Kaur serta undangan lainnya. *****

 

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index