Jum'at, 14 Desember 2018
Follow:
 
Kapolri Minta Nasihat Cara Jaga Keutuhan NKRI, Ini Kata Ustadz Abdul Somad

alfi | Nasional
Senin, 05/03/2018 | 10:35:06 WIB
BOGOR, LIPO-Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian hadir dalam acara dzikir dan tausiah bersama di Masjid Az-Dzikra, Sentul, Bogor, Ahad (4/3). Saat sesi tanya jawab, Kapolri meminta pandangan dan masukan dari Ustaz Abdul Somad untuk institusi Polri dalam hal mencegah terjadinya perpecahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tito mencontohkan beberapa negara di luar seperti di Irak, Suriah, Mesir, Yaman dan lain-lain terpecah belah. Padahal negara-negara tersebut adalah negara dengan mayoritas Islam. "Itu negara Suriah, Afganistan, Irak, Yaman, dan Mesir tempat Ustad Somad kuliah, terjadi konflik antara Muslim dan Muslim lainnya. Mereka bergejolak. Apakah konflik seperti itu bisa terjadi di Indonesia. Bagaimana mencegahnya? Gimana caranya Polri untuk mencegah itu?" tanya Tito

Ustaz Somad menjawab bahwa yang diperlukan oleh Polri sebagai institusi keamanan negara adalah memadamkan persoalan bak api-api kecil yang kerap muncul ke permukaan. Indonesia negara yang besar tak luput terjadinya gejolak-gejolak yang berpotensi memecah belah bangsa.

Institusi kepolisian, menurut Ustaz asal Riau itu perlu memadamkan gejolak kecil ini agar tidak semakin meluas. Caranya dengan mengklarifikasi, memperjelas persoalan, mengkomunikasikan dengan baik dan yang pasti sambung Ustaz Somad harus ada kepastian hukum.

"Apapun bisa saja terjadi di Indonesia. Maka dalam Alquran dikatakan, jika datang orang bawa berita, klarifikasi. Utamakan tabayun. Jangan sampai dimasuki pihak lain yang ingin memecah belah. Kalau ada percikan-percikan api kita padamkan. Jangan jadi api dalam sekam yang kemudian membesar. Kepastian hukum juga harus ada," kata Ustaz Somad.

Ada cara lain menurut Ustaz Somad yang juga tak kalah penting untuk menjaga keutuhan NKRI. Walau saat ini rentan akan adu domba dan pengedaran informasi hoax, NKRI tetap akan utuh selagi ada umat Islam Indonesia yang selalu memanjatkan doa dan istighfar. Allah SWT menurut Ustaz Somad akan menghindarkan azab dan musibah kepada suatu negeri selagi di negeri tersebut masih terdengar suara istighfar dan doa.

"Insya Allah negeri kita akan damai. Kalau kita sama-sama menjaga, musibah tak akan terjadi," ucap Ustaz Somad.(lipo*3/rol)





Berita Lainnya :
 
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  • Jelang Kedatangan Jokowi, Pangdam I BB Pimpin Apel Pengamanan
  • Pemkab Kuansing Dukung RSUD Teluk Kuantan Menuju Akreditasi Paripurna
  • Masa Penahanan Lurah Pemeras Warga di Pekanbaru Diperpanjang
  • Sepanjang 2018, Via Vallen Terus Diterpa Isu Tak Sedap
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index